Jokowi Klaim Tak Ada Daerah yang Kerepotan Bayar THR Pegawainya

"Dari informasi yang saya terima, di seluruh daerah sudah menganggarkan. Ada 542 yang menganggarkan. Dan yang sudah mengalirkan itu 380-an."

Jumat, 08 Jun 2018 12:21 WIB

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peresmian Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6). (Foto: ANTARA/ Rekotomo)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengklaim tidak ada pemerintah daerah yang kesulitan membayar Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13. Berdasarkan informasi yang ia terima, sebagian besar pemerintah daerah sudah menganggarkan dana dan mencairkannya.

"Enggak, enggak. Coba dicari informasinya. Dari informasi yang saya terima, di seluruh daerah sudah menganggarkan. Ada 542 yang menganggarkan. Dan yang sudah mengalirkan itu 380-an. Sudah semua. Tinggal proses penyelesaian saja," ujar Jokowi di Indramayu, Kamis (7/6/2018).

Pencairan menurut dia sudah dilakukan sejak sepekan lalu. Bagi pegawai yang belum menerima THR, presiden meminta bersabar. Ia yakin THR akan turun sebelum Lebaran.

Sebelumnya pemerintah mengumumkan penambahan komponen penghitungan THR pada tahun ini. Selain gaji pokok, PNS dan anggota TNI-Polri juga akan menerima tunjangan-tunjangan. Pasca pengumuman itu, sejumlah daerah mengeluh tidak memiliki anggaran untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani justru mengaku heran karena kebijakan ini menurutnya sudah diputuskan sejak nota keuangan 2017. Hanya saja, pengumumannya ditunda untuk mencegah inflasi.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Apakah anda lelah dengan rutinitas harian anda? Seperti kuliah atau bekerja,dan belum punya waktu atau budget anda terbatas untuk bersenang-senang? Dufan Jawabannya