Distribusi Surat Suara Pilgub Sumut, KPU: Pulau Nias yang Paling Lama Terima

KPU Sumatra Utara mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 ke masing-masing kabupaten/kota.

Senin, 04 Jun 2018 11:53 WIB

Ilustrasi: Petugas saat memeriksa kardus berisi surat suara di Jawa Tengah, Senin (21/5). (Foto: ANTARA/ M Ayudha)

KBR, Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Utara mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 ke masing-masing kabupaten/kota. Komisioner KPU Sumatra Utara, Benget Silitonga mengatakan, ada enam truk box tertutup yang mengangkut 9 jutaan surat suara dari percetakan di Cikarang, Jawa Barat.

"Setelah menempuh perjalanan yang panjang dari Jawa. Hari ini sudah ada surat suara yang tiba di sejumlah kabupaten/kota di Sumut seperti di Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, dan lainnya," ungkap Benget kepada KBR, Senin (4/6/2018).

Ia memperkirakan, Pulau Nias menjadi daerah terlama yang akan menerima surat suara. Ini karena letak geografis wilayah tersebut.

"Pulau Nias menjadi yang paling lama menerima surat suara. Sebab surat suara itu akan lebih dulu singgah di Sibolga."

Pada proses pengiriman itu, Benget menjamin keamanan surat suara yang akan didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Sumut. Sebab menurutnya, armada pengangkut surat suara itu dijaga oleh kepolisian. 

Namun begitu, Ketua KPU Medan Herdensi Adnin mengatakan belum menerima surat suara tersebut. Ia mengatakan, bakal menerima sekitar 1,5 jutaan surat suara.

"Saat kami hubungi tadi truk yang membawa surat suara untuk Medan masih berada di Riau. Jadi kami prediksi besok akan sampai di Medan dan akan disimpan langsung ke gudang kami di Polonia (bekas kargo Bandara Polonia)," jelas Herdensi.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Apakah anda lelah dengan rutinitas harian anda? Seperti kuliah atau bekerja,dan belum punya waktu atau budget anda terbatas untuk bersenang-senang? Dufan Jawabannya