Selain Dermaga 6, Pengendara Motor di Pelabuhan Merak Bisa Gunakan Dermaga 1 dan 2

Awalnya jalur sepeda motor hanya tersedia di Dermaga 6. Namun, mulai hari ini Pelabuhan Merak membuka Dermaga 1 dan 2 untuk sepeda motor

Jumat, 23 Jun 2017 19:57 WIB

Pemudik motor di Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo menyatakan Pelabuhan Merak Banten menambah dua dermaga khusus sepeda motor untuk diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung. Awalnya jalur sepeda motor hanya tersedia di Dermaga 6. Namun, mulai hari ini Pelabuhan Merak membuka Dermaga 1 dan 2 untuk sepeda motor.

"Pelabuhan Merak masih favorit untuk perjalanan sore dan malam, sehingga kita lihat tadi malam peningkatannya luar biasa, khususnya sepeda motor," kata Sugihardjo di kantornya, Jumat (23/06/2017).

Sugihardjo menjelaskan, mayoritas pemudik memilih perjalanan malam karena tidak ingin melintasi jalur Sumatera pada malam hari. Menurutnya, sejak H-10 hingga H-2 Lebaran atau dini hari tadi, terdapat 1.273.695 kendaraan dan penumpang yang telah diseberangkan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

Sementara pada hari ini Jumat (23/6), pemudik yang mengendarai sepeda motor berjumlah 93.073 dan 158.986 mobil. PT ASDP mengopererasikan 36 kapal untuk mengangkut para pemudik menyebrangi Selat Sunda, serta 20 kapal cadangan.

Selain menambah dermaga untuk pengendara sepeda motor, Pelabuhan Merak juga memberi perlakuan khusus pada pemudik yang memesan tiket kapal secara online. Kata Sugihardjo, Pelabuhan Merak telah menyediakan tiga gardu khusus untuk check in pemudik yang membeli tiket secara online, sehingga tak tercampur dengan penumpang yang membeli tiket secara manual. (dmr)

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU

  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara

Hukuman Mati Maladministrasi, LBH Masyarakat Desak Jaksa Agung Dicopot

  • Kembali Tertunda, Sri Mulyani Tak Khawatir Kehilangan Momentum Redenominasi
  • Rekrutan Anyar City Gagal Debut di Liga Inggris
  • CEO Amazon Geset Bill Gates sebagai Orang Terkaya di Dunia

Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong industri kecil dan menengah untuk terus bergeliat meningkatkan ekspor di tanah air.