HEADLINE

Konflik di Filipina, Panglima TNI Kerahkan Kapal Selam Intai Perbatasan

Konflik di Filipina, Panglima TNI Kerahkan Kapal Selam Intai Perbatasan

KBR, Palu- Panglima Tentara Negara Indonesia  Gatot Nurmantyo mengerahkan kapal selam untuk mengawal perbatasan dengan Filipina. Hal ini disampaikan panglima saat mengunjungi  dermaga  Stasiun Bantuan (Sionba) Kapal selam Pangkalan TNI AL Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Jenderal Gatot bersama Pejabat TNI lainnya meninjau langsung kesiapan salah satu Dermaga yang di anggap vital dalam melaksanakan pengawalan di Area Perairan perbatasan.

Saat ini, pembangunan Dermaga stasiun Bantuan Kapal selam tersebut sudah sekitar delapan puluh persen. Namun beberapa waktu lalu, Salah satu kapal Selam telah berlabuh di dermaga tersebut. Kapal Selam tersebut di ketahui telah kembali bertugas di area Perbatasan antara Filipina dan Indonesia.

“Pangkalan ini sangat diperlukan dalam kondisi saat ini. Karena ini merupakan pangkalan kapal selam. Pangkalan saat ini berada di pangkalan Armatim, sehingga operasionalnya di wilayah timur harus ke sana. olehnya, pangkalan ini sangat strategis hanya pembangunannya belum final,” ungkap Gatot usia meninjau pembangunan dermaga pada Jumat (09/06).

 


Gatot melanjutkan, “ini merupakan tempat yang sangat strategis, karena terkait dengan perkembangan dari Filipina Selatan. Karena kita juga mengerahkan kapal selam untuk mengintai di sana. TNI tidak main-main dan kami mempelajari betul kondisi di sana."

 


Penuntasan pembangunan Dermaga Sionban Pangkalan TNI AL Palu   tinggal mengerjakan mekanis dan kelistrikan. Dermaga  akan menampung satu kapal selam dan beberapa kapal laut milik TNI AL.

“Kita sedang bangun di beberapa tempat dan tempatnya masih tersembunyi namun prioritas melihat perkembangan saat ini kita bangun di wilayah-wilayah yang berdekatan dengan perbatasan wilayah Indonesia.” Jelas Gatot.


Editor: Rony Sitanggang

  • Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
  • dermaga Stasiun Bantuan (Sionba) Kapal selam Pangkalan TNI AL Kota Palu
  • Sulawesi Tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!