Gunung Marapi Meletus 6 Kali

Hujan abu tipis terjadi di Desa Salimpungan, Kabupaten Tanah Datar.

Minggu, 04 Jun 2017 16:39 WIB

Gunung Marapi. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat meletus hingga 6 kali pada hari ini, Minggu (4/6). Kepala Seksi Pencegahan Provinsi BPBD Provinsi Sumatera Barat, Dodi Yuleova mengatakan, hujan abu tipis terjadi di Desa Salimpungan, Kabupaten Tanah Datar.

Kendati demikian, tidak ada pengungsi dan peningkatan status dari waspada dalam letusan yang terjadi pada hari ini.

"Sampai saat ini belum ada intruksi seperti itu baik dari PVBMG dan BMKG. Kita dari BPBD Provinsi masih tetap menghimbau kepada masyarakat walau pun belum ada instruksi dari PVMBG dan BMKG kita tetap menghimbau masyarakat memang harus menjauh dari radius zona aman. Tetapi sampai saat ini laporan dari teman-teman BPBD Kabupaten Tanah Datar, kondisi masih aman terkendali," ujar Dodi Yuleova saat dihubungi KBR, Minggu (4/6/2017).

Dodi Yuleova mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas pada radius 3 kilometer dari puncak gunung. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan menyampaikan peringatan dini jika aktivitas Gunung Marapi meningkat dan membahayakan warga.


Editor: Sasmito

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP
  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

Suap Pengadaan Drone, Pejabat Bakamla Nofel Hasan Dituntut 5 Tahun Penjara

  • Kepolisian Cek Motif Insiden Ambruknya Tol Becakayu
  • 5 Kepala Desa di Banyuwangi Diduga Hadiri Kampanye Parpol
  • Arab Saudi Sebut Eropa Bantu Iran Danai Terorisme

Dalam beberapa pekan ini Rancangan KUHP (RKUHP) ramai dibicarakan karena dianggap memuat poin-poin atau pasal-pasal yang bermasalah.