BERITA

Larangan Sawit di Eropa, Jokowi Minta Bantuan Lithuania

Larangan  Sawit di Eropa, Jokowi Minta Bantuan Lithuania


KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta dukungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitė terkait pelarangan produk kelapa sawit Indonesia di Eropa. Kata dia, resolusi Uni Eropa tentang sawit Indonesia diskriminatif dan memunculkan kampanye hitam.

Hal ini dinyatakan Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitė di Istana Merdeka.


"Indonesia juga telah menyampaikan concern terhadap terus berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa. Dan tadi kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diperlakukan secara fair," kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (17/5/2017).

Dalam pertemuan, kedua kepala negara menyepakati kerja sama bidang energi terbarukan dan transportasi.

"Di bidang energi yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah, dan juga gas. Yang kedua, di bidang IT baik untuk penggunaan di transportasi darat maupun di penerbangan,"


Kunjungan Presiden Lithuania ini bersejarah karena pertama kali dilakukan sejak 24 tahun lalu.


"Untuk pertama kali pertemuan Presiden Indonesia dengan Presiden Lithuania sejak dijalinnya hubungan diplomatik 24 tahun yang lalu,"


Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitė mengapresiasi peningkatan kerja sama dalam pemanfaatan teknologi inovatif baik dalam energi maupun transportasi.


"Kami telah memiliki beberapa aplikasi yang digunakan untuk manajemen transportasi umum di Jakarta, jadi di sini kami memiliki prospek yang baik," ujarnya.


Dalia juga menyebut dalam pariwisata, kedua negara sama-sama diuntungkan dengan kebijakan bebas visa


"Kita menikmati peningkatan di sektor pariwisata, bebas visa sangat membantu bagi kedua negara," imbuh Dalia.


Presiden Jokowi mengatakan, jumlah wisatawan dari Lithuania meningkat signifikan selama empat tahun terakhir.


"(Wisatawan) meningkat 183% dari tahun 2013 ke 2016," tutur Jokowi.


Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitė
  • kebun sawit

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!