DARI POJOK MENTENG

[Advertorial] Kolaborasi KLHK dengan Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark

[Advertorial] Kolaborasi KLHK dengan Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark

Kemitraan inovatif antara Indonesia dan Denmark akan semakin erat dengan terlaksananya kunjungan Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark, Ulla Tørnæs dari tanggal 30 April hingga 3 Mei 2017. Dalam kunjungannya pada tanggal 2 Mei 2017, memiliki agenda untuk mengunjungi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Pada kesempatan ini, Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengajak Menteri Ulla Tørnæs meninjau Teluk Jakarta untuk melihat pencemaran yang diakibatkan sampah dan air limbah.

“Agendanya hari ini kita ingin membicarakan tentang wasted and polution control,” ujar Siti di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara sesaat sebelum berkeliling teluk Jakarta. Menurutnya, masalah sampah dan limbah merupakan suatu hal yang serius dan harus diberikan perhatian khusus, terlebih terhadap penanganannya. Siti Nurbaya menegaskan, bahwa kerjasama yang dilakukan akan fokus terhadap kebijakan, pedoman dan contoh di lapangannya.


red

Menteri KLHK, Siti Nurbaya dengan Menteri Kerjasama Pembangunan Kerjasama Denmark, Ulla Tørnæs meninjau lokasi yang tercemar sampah di areal Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara.

Sebelumnya Denmark juga mengalami hal serupa, yaitu masalah dalam penanganan limbah dan sampah. Namun saat ini, Denmark sudah berhasil untuk memanfaatkan sampah menjadi sumber energi. Oleh karena itu, Ulla ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi di lapangan. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang Denmark miliki, Denmark ingin berbagi kepada Indonesia.


Setelah meninjau kondisi di lapangan, kedua belah pihak bertandang ke Museum Bahari, Jakarta untuk melakukan penandatanganan kerjasama antara kedua negara. Bersama dengan penandatanganan kerjasama kedua negara terkait penanganan sampah dan air limbah, juga ada penandatanganan kesepakatan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Duta Besar Denmark mengenai dukungan Denmark dalam merancang Rencana Induk Pengelolaan Limbah Jakarta.


Editor: Paul M Nuh

  • KLHK

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!