2 Pekan Jelang Ramadan, Harga-harga Mulai Naik

Barang kebutuhan pokok yang harganya naik diantaranya daging ayam potong, telur dan gula. Selain itu kenaikan juga terjadi pada bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah dan cabai merah besar.

Senin, 15 Mei 2017 14:57 WIB

Suasana di pasar Induk Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (15/5/2017). Harga-harga kebutuhan pokok naik dua pekan jelang Ramadan. (Foto: Hikmah/KBR)


KBR, Purbalingga - Meski bulan Ramadan atau bulan puasa masih dua pekan lagi, harga barang kebutuhan pokok di sejumlah daerah mulai naik.

Di Pasar Induk Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kenaikan terjadi pada gula pasir, daging ayam, telur ayam dan kebutuhan dapur seperti cabai dan bawang putih.

Kenaikan antara Rp500 hingga Rp3000 per kilogram dari harga semula. Bahkan, dalam kurun waktu dua pekan terakhir harga bawang putih sudah mencapai Rp60 ribu per kilogram dari harga semula Rp40 ribu per kilogram.

Kepala Pasar Induk Purbalingga, Suyadi mengatakan harga sembako atau kebutuhan pokok mengalami kenaikan bervariasi. Ada sejumlah bahan pokok yang naik, meski ada juga yang turun.

Suyadi menjelaskan harga gula saat ini naik Rp500 dari harga eceran semula Rp12.500 per kilogram. Sementara itu harga telur ayam ras naik Rp2000 dari harga semula Rp20 ribu per kilogram.

"Harga daging ayam ras juga naik seribu rupiah dari harga semula. Cabai harganya naik Rp3 ribu, bahkan cabai rawit naik tinggi Rp5 ribu dari harga semula," kata Suyadi kepada Reporter Radio 99 Purbalingga (jaringan KBR), Senin (15/5/2017).



Cilacap



Kenaikan juga terjadi di pasar-pasar tradisional di Cilacap Jawa Tengah. Barang kebutuhan pokok yang harganya naik diantaranya daging ayam potong, telur dan gula.

Seorang pedagang di pasar tradisional Sidareja, Cilacap, Solihah mengatakan harga daging ayam potong saat ini Rp30 ribu, atau naik Rp3 ribu dibanding pekan lalu. Solihah mengatakan kenaikan harga daging ayam sudah terjadi di tingkat pemasok atau suplier.

"Sudah dua hari ini naik. Tadinya harga Rp27 ribu per kilogram. Maklum ini menjelang bulan puasa, harga-harga semua naik," kata Solihah di Pasar Sidareja, Senin (15/5/2017).

Solihah memperkirakan harga daging ayam akan terus naik dan mencapai puncak pada akhir Juni, atau sepekan menjelang lebaran.

Kenaikan juga terjadi pada komoditas telur dan gula. Seorang pedagang kelontong, Warsiti mengatakan harga telur ayam ras naik dari Rp19.500 per kilogram menjadi Rp24 ribu per kilogram. Untuk gula pasir rafinasi, harganya naik dari Rp12.500 per kilogram menjadi Rp14 ribu per kilogram.

"Harga telur naik Rp4.500 dari harga sebelumnya, sedangkan harga gula pasir naik Rp1.500," kata Warsiti.

Di Cilacap, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah, dari Rp18 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram. Bawang putih biasa naik dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih kating (bawang putih tunggal) naik dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram.

Untuk cabai merah besar, sebelumnya sudah turun menjadi Rp15 ribu per kilogram, namun kini kembali naik dua kali lipat menjadi Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit merah dan hijau stabil, di harga Rp60 ribu per kilogram untuk rawit merah dan Rp20 ribu per kilogram untuk rawit hijau.

Harga kebutuhan pokok lain masih stabil seperti minyak goreng curah, gula jawa dan terigu.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

Saracen, Analisis PPATK sebut Nama Besar

  • Bentuk Densus Tipikor, Mabes Minta Anggaran Hampir 1 T
  • Bareskrim Sita Jutaan Pil PCC di Surabaya
  • Konflik Myanmar, Tim Pencari Fakta PBB Minta Tambahan Waktu