BERITA

Peter Pouly Berjaya di Etape Neraka

Peter Pouly Berjaya di Etape Neraka

KBR, Banyuwangi - Pebalap Sigha Infinite Cycling Team Thailand Peter Pouly memenangkan etape ke empat International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016. Dia berhasil menjaga jarak dengan pebalap lainnya.

Etape kempat ini dilakukan dari TPI Muncar menuju Paltuding  Gunung Ijen. Etape yang dikenal dengan tanjakannya ini berhasil diselesaikan Peter dengan waktu 3 jam 50 menit 36 detik.


Pebalap Kinan Cycling Team Jai Crawford  berada di posisi kedua dengan selisih waktu 02 menit 26 detik. Sedangkan posisi ketiga berhasil disambet oleh pembalap Black Inc Cycling Team Bambang Suryadi dengan selisih waktu 04 menit 27 detik dengan Peter.


Menurut Cairman Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Guntur Priambodo, Etape pamungkas ini  merupakan etape 'neraka' menuju kaki Gunung Ijen. Para pebalap telah menaklukkan tanjakan dengan ke ketinggian 1.871 meter di atas permukaan laut yang memiliki level tertinggi di balap sepeda (hors categorie).

Jarak yang ditempuh pada etape ketiga ini adalah 147 kilometer.Kata Guntur,  kemanangan Peter Pouly untuk yang ketiga kalinya ini sudah di prediksikan sebelumnya. Sebab meski mendapatkan saingan berat dari pembalap Tiongkok, namun Peter masih belum terkalahkan.

“Saya kira untuk team meski tidak ada Iran ternyata kompetitip sekali, sehingga tidak ada hari yang rekaferi. Ketika jalur flaat  pun mereka hajar- hajaran. Sehingga kelihatan kemarin dengan silih gantinya juara, jadi juara sprin, juara Yelow Jersiy, juara King Moutain tiap hari ganti, ini yang menunjukan kompetitip dari etape satu hingga etape empat,” kata Guntur Priambodo (14/5/2016).

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, dengan suksesnya Internasional Tour de Banyuwangi Ijen  2016 ini, pihaknya akan  mempertimbangkan naik level. Yaitu dari 2.2 , menjadi 2.1.kata Anas, jika nantinya naik level secara otomatis Internasional Tour de Banyuwangi Ijen akan digelar di lintas Provinsi atau lintas kabupaten.

Tanjakan menuju Gunung Ijen di Banyuwangi dikenal sebagai salah satu yang terekstrem di Asia karena berada di ketinggian lebih dari 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl), melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl. 

Editor: Sasmito Madrim

  • Tour de Banyuwangi Ijen
  • Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!