BERITA

Penyebab Amblasnya Jembatan Cipamingkis Bogor

Penyebab Amblasnya Jembatan Cipamingkis Bogor

KBR, Bogor- Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, Provinsi Jawa Barat mengevaluasi  kerusakan yang terjadi di Jembatan Cipamingkis, Jonggol, Kabupaten Bogor. Dari hasil sementara, amblesnya jembatan disebabkan pilar fondasi yang bergeser.

Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah I, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, Provinsi Jawa Barat, Iyongga Bakti mengatakan, jembatan sudah dilakukan perbaikan pada tahun lalu. Namun karena jembatan seluas 90 meter ini memiliki bentang yang luas, salah satu fondasi pilar yang berada di tengah sungai tergerus erosi yang menyebabkan pilar ambles sedalam 1,5 meter.


"Salah satu pilarnya bergeser, itu karena fondasinya tergerus arus sungai. Kita masih evaluasi lagi dan diperkirakan 1 sampai 3 bulan jalur ini kita tutup," katanya saat meninjau lokasi, Jumat (14/04).


Iyongga Bakti menjelaskan, jalur ini adalah jalur utama bagi warga yang akan melakukan perjalanan ke Cianjur dan Bandung. Selain itu, jalur ini setiap harinya juga digunakan truk pengangkut pasir dan batu, sehingga sering  keberatan beban.


"Kita nanti berkoordinasi agar kendaraan besar tidak melintas dulu  hingga perbaikan selesai," jelasnya.


Hingga kini, petugas Bina Marga provinsi dan kabupaten masih melakukan penanganan di lokasi jembatan. Dengan amblesnya jalur ini, arus dari Bogor menuju Cianjur dan sebaliknya, dialihkan menuju jalur lain. Sementara itu 5 desa terisolir dan terpaksa harus memutar jauh jika ingin ke seberang.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • Iyongga Bakti
  • Jembatan Cipamingkis Bogor amblas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!