BERITA

Investigasi, Serbuan Jiran di Kota Cakalang

Investigasi, Serbuan Jiran di Kota Cakalang

Orang mengenal kota Bitung, Sulawesi Utara sebagai kota cakalang .  Bitung memang jadi  penghasil tuna, tongkol, cakalang terbesar di Indonesia. Dari Bitung pula mengalir pasokan tuna ke pelabuhan General Santos, Filipina, yang berpredikat “Tuna Capital of the Phillipines”.

Tuna dari Bitung sampai ke negeri jiran lewat sejumlah cara tak patut.  Ilegal, tak dilaporkan, dan melalui celah belum adanya aturan (IUU). Praktik pencurian ikan ini sudah berlangsung selama berpuluh tahun.

Pelakunya dari nelayan, pengusaha, hingga pejabat di  negeri jiran dimuluskan perilaku korup aparat.   KBR bersama Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (Jaring), dan KataData melakukan   liputan investigasi selama puluhan hari di kota cakalang dan juga “Tuna Capital of the Phillipines”. Mencari tahu kebenaran kongkalikong itu.

 

Baca:Investigasi Pencurian Ikan di Bitung

Muhammad Kholikul Alim dari Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (JARING), dan Rony Sitanggang, Editor Senior KBR menceritakan apa yang mereka temukan saat investigasi yang digelar sejak Desember tahun lalu kepada Hilbram Dunar dan Adit Insomnia, di KBR Pagi, Selasa (4/4/2017). 

  • Investigasi
  • Illegal Fishing

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!