BERITA

Bank Indonesia: Tuduhan Donald Trump Dangkal

"Trump menuding sejumlah negara, termasuk Indonesia, sebagai berbuat curang menyebabkan defisit perdagangan AS terlalu dalam. "

Dian Kurniati

Bank Indonesia: Tuduhan Donald Trump Dangkal
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat menjadi tuan rumah perayaan Hari Kemerdekaan Yunani di Gedung Putih Washington, Jumat (24/3/2017). (Foto: ANTARA/Reuters)


KBR, Jakarta - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara membantah tuduhan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyebut Indonesia mencurangi perdagangan bilateral dengan Amerika Serikat.

Mirza mengatakan tuduhan Trump itu dangkal dan tak sesuai dengan fakta. Tiga kriteria yang digunakan Presiden Trump untuk menilai kecurangan perdagangan (unfair subsidies), kata Mirza, sama sekali tidak dilakukan Indonesia.


"Dari tiga kriteria itu, seharusnya Indonesia tidak masuk. Tetapi, tentu saja pemerintah Indonesia perlu untuk mencermati perkembangan di Amerika, karena dari executive order tersebut. Dalam tiga bulan itu akan keluar laporan Amerika mengenai negara yang dianggap melakukan unfair subsidies. Yang paling berkepentingan itu tentu teman-teman Kementerian Perdagangan yang harus melakukan pemantauan," kata Mirza di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Rabu (5/4/2017).


Mirza menjelaskan mengapa tudingan Trump terhadap Indonesia dangkal. Mirza mengatakan, Trump memiliki tiga indikator untuk mengukur kecurangan mitra dagangnya. Pertama, negara tersebut memiliki surplus pada neraca perdagangan dengan AS di atas USD 20 miliar. Padahal, surplus perdagangan Indonesia hanya USD 13 miliar.


Kedua, negara yang dianggap curang itu memiliki neraca transaksi berjalan yang surplus. Adapun Indonesia masih mengalami defisit transaksi berjalan sebesar 1,8 sampai 2 persen dari produk domestik bruto (PDB).


Ketiga, negara tersebut terbukti mengintervensi pasar agar nilai tukar mata uangnya melemah secara terus menerus dalam satu tahun yang besarnya sampai 2 persen dari PDB. Padahal, kata Mirza, pemerintah melalui BI justu berusaha agar rupiah selalu stabil dan cenderung menguat.


Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan penyelidikan terhadap defisit perdagangan AS, serta membuat kebijakan menolak importasi. Penyelidikan itu akan mengumpulkan data perdagangan Amerika Serikat yang mengalami defisit hingga USD 500 miliar atau Rp6.675 triliun.


Trump menuding sejumlah negara sebagai berbuat curang menyebabkan defisit perdagangan AS terlalu dalam. Diantara negara yang jadi sasaran tudingan Trump antara lain Tiongkok, Jepang, Jerman, Meksiko, Irlandia, Vietnam, Italia, Korea Selatan, Malaysia, India, Thailand, Prancis, Swiss, Taiwan, Kanada serta Indonesia.


Dalam catatan Trup, pada 2016 defisit perdagangan AS dengan Indonesia mencapai USD 8,84 miliar dolar AS atau Rp 118 triliun.


Editor: Agus Luqman 

  • Donald Trump
  • Amerika Serikat
  • bank indonesia
  • perdagangan bilateral

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!