Tetap 'The Blues', Transfer Essien ke Persib Jadi Sorotan Internasional

Michael Essien berstatus tanpa klub selama enam bulan setelah meninggalkan klub Yunani Panathinaikos pada tahun lalu, dan semenjak itu hanya berlatih bersama tim reserve (cadangan) Chelsea.

Selasa, 14 Mar 2017 18:52 WIB

Pernyataan resmi dari akun Twitter klub Persib Bandung mengenai bergabungnya bekas pemain Chelsea, Michael Essien. (Foto: Twitter/Persib)

KBR - Bergabungnya eks pemain Chelsea asal Ghana, Michael Essien ke klub Persib Bandung menjadi bahan pemberitaan sejumlah media internasional.

Essien bergabung dengan Persib untuk masa satu tahun kontrak dengan opsi perpanjangan satu kali. Nilai transfer diperkirakan mencapai 680 ribu pounds (Rp11 miliar) per tahun, dan terhitung sangat tinggi untuk kategori marquee player (pemain bintang) yang merumput di Indonesia. Bahkan kemungkinan tertinggi di Asia Tenggara.

Nama bekas pemain Chelsea, Real Madrid (status pemain pinjaman dari Chelsea) dan AC Milan itu masih menarik mata para editor media internasional seperti ESPN, BBC Sport, Goal.com, hingga media lokal di Inggris seperti Daily Mail, The Sun, Metro, termasuk media lokal di Ghana.

"Bekas bintang Chelsea teken kontrak untuk klub Indonesia Persib Bandung", begitu tulis ESPN. Di Persib, pemain berusia 34 tahun itu mendapat nomor punggung 5, sama dengan nomor yang dikenakan di Chelsea pada periode 2005-2014.

"Pengen tahu dimana Michael Essien? Di usia 34 tahun, bekas pemain Chelsea ini pergi bermain ke Indonesia!" tulis BBC Sport. BBC Sport menulis petualangan Essien di Indonesia melanjutkan para bekas pemain kelas dunia yang juga pernah merumput di Indonesia, seperti Mario Kempes (Argentina) dan Roger Milla (Kamerun) yang bermain di Pelita Jaya di era 1993-1995.

"Michael Essien gabung Persib Bandung, dimana bekas bintang Chelsea dan Real Madrid itu ingin mencari tantangan baru," begitu tulis Daily Mail dan di-share lebih dari 300 kali.

Daily Mail menyebut Essien berstatus tanpa klub selama enam bulan setelah meninggalkan klub Yunani Panathinaikos pada tahun lalu, dan semenjak itu hanya berlatih bersama tim reserve (cadangan) Chelsea di pusat latihan Chelsea di Cobham.

Meski sudah tidak muda lagi dan kerap dibebat cedera, nama besar Essien masih menjadi daya tarik di media. Terutama penampilannya selama delapan musim di Chelsea, membuat Essien bisa ikut memenangi sembilan trofi, termasuk dua juara Liga Inggris dan gelar juara Liga Champions Eropa.

"Essien menyetujui kontrak 12 bulan dengan opsi perpanjangan setahun untuk melanjutkan karirnya di kompetisi sepakbola Indonesia yang sedang bangkit," tulis The Sun.

The Sun menulis, "Pemain tengah asal Ghana ini telah menahbiskan dirinya sebagai salah satu pemain tengah paling membahayakan di dunia sepakbola, dengan kegigihannya dan kemampuannya mencetak gol-gol spektakuler."

Di klub resmi Persib, Essien berharap masuknya ia ke Persib bisa diikuti dengan bergabungnya sejumlah nama pemain besar dunia ke klub sepakbola di Indonesia.

Sejumlah akun Twitter terkenal dalam pemberitaan informasi hingga rumor olahraga juga mengangkat tercapainya kesepakatan antara Essien dan Maung Bandung.

Akun @Sporf yang dulu bernama @BBCSporf menulis "Essien bergabung ke Persib. Wow, rekrutan yang luar biasa bagi mereka."

Bahkan akun Bleacher Report UK berkomentar "An amazing coup for footbal in Indonesia" terkait bergabungnya Essien ke Persib.

"Bekas pemain Chelsea Michael Essien berseragam biru lagi!" tulis Media Eurosport UK. Jika Essien sebelumnya berkostum "The Blues" Chelsea selama delapan tahun, maka ia akan kembali berkostum biru milik klub berjuluk Maung Bandung alias Pangeran Biru.

Media GhanaSoccernet menulis bergabungnya Essien ke Persib sebagai perpindahan yang mengejutkan. Pada September tahun lalu, Essien menolak tawaran menggiurkan dari Melbourne Victory, klub Australia yang bermain di A-League.

Meski sempat berstatus tanpa klub selama enam bulan, Essien menolak untuk pensiun dari dunia sepakbola.

"Saya tetap aktif dan berlatih bersama Chelsea (tim cadangan) yang selalu bersikap baik dan ramah terhadap saya," kata Essien seperti ditulis situs Yunani, Gazzetta, Februari lalu.

"Saya berharap bisa mendapatkan klub dimana saya dan keluarga bisa merasa nyaman," kata Essien.

Bersama tim cadangan Chelsea ia berlatih untuk menjaga kebugaran sewaktu-waktu dia harus bermain di luar negeri.  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara
  • Alasan Polisi Hentikan Kasus Kaesang

500 Kamisan, Korban Terus Tagih Janji Penyelesaian Kasus HAM Masa Lalu

  • Haris Azhar: Novel Cerita Ada Petinggi Polisi Terlibat Penyerangan
  • Terdakwa Penodaan Agama di Medan, Dituntut 2 Tahun 6 Bulan Penjara
  • Perppu Akses Informasi Keuangan Disahkan Menjadi Undang-undang

Indonesia mengalami masalah ketimpangan (inequality) dan tengah berupaya memeranginya. Simak perbincangannya hanya di Ruang Publik KBR, Rabu 26 Juli 2017 pukul 09.00-10.00 WIB.