BERITA

PT Pupuk Iskandar Muda Bantah Sebabkan Ribuan Ikan dan Udang Mati

""Mungkin kita juga gak tahu ada virus baru atau apa yang baru gitu.""

Erwin Jalaludin

PT Pupuk Iskandar Muda Bantah Sebabkan Ribuan Ikan dan Udang Mati
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara, Nuraina, sedang mengambil sampel ikan mati. Pencemaran lingkungan itu terjadi dikawasan desa binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Foto: Erw


KBR, Lhokseumawe- PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) membantah mencemari lingkungan warga Desa Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Hal itu menyusul matinya ribuan ikan dan udang milik warga yang sebagian berprofesi sebagai petambak.

Juru bicara PT Pupuk Iskandar Muda, Faisal menjelaskan, pengelolaan limbah PIM sudah sesuai Standar Operasional Perusahaan (SOP).

"Pokoknya gini bang (wartawan-red), kita sudah sesuai prosedur semuanya, debit yang dikeluarkan berapa, terus berapa PPM yang bisa dibuang normalnya ke laut. Nah, itu semuanya sudah sesuai prosedur. Dan, gak ada masalah di situ. Mungkin kita juga gak tahu ada virus baru atau apa yang baru gitu," kata Faisal menjawab KBR, Jumat (31/3).  

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara sebelumnya menduga kematian ribuan ekor ikan dan udang milik petambak itu akibat pencemaran lingkungan atau terkontaminasi zat beracun. Dinas juga telah mengambil sampel limbah di sekitar lokasi, termasuk limbah PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) untuk uji laboratorium. Pasalnya perusahaan itu hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari tambak.

Baca juga: Diduga Tercemar Limbah, Ribuan Ikan dan Udang di Area Tambak Aceh Utara Mati  

Editor: Dimas Rizky

  • ikan dan udang mati
  • petambak
  • PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)
  • limbah pupuk

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!