BERITA

Polri & Kepolisian Arab Saudi Sepakat Jalin Kerjasama Perangi Terorisme

" "Perlu ada semacam kerjasama yang efektif dalam meminimalkan dampak peredaran narkoba yang bertransaksi secara transnasional," kata Dia."

Gilang Ramadhan

Polri & Kepolisian Arab Saudi Sepakat Jalin Kerjasama Perangi Terorisme
Para pelajar melambaikan bendera Indonesia dan Arab Saudi saat menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di sekitar Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017). (Foto: ANTARA)


KBR, Jakarta - Kepolisian Indonesia dan Kepolisian Arab Saudi akan bekerjasama dalam penanganan kejahatan transnasional di dua negara. Termasuk diantaranya kerjasama memberantas terorisme.

Juru bicara Mabes Polri Boy Rafli Amar mengatakan Kapolri Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Arab Saudi sudah melakukan pembahasan awal mengenai kerjasama tersebut pada Selasa (28/2/2017) malam.


"Tadi malam dilakukan pembahasan tentang kerjasama di bidang transnational crime dan combating crime. Insyallah hari ini akan dibulatkan dengan adanya penandatanganan kerjasama, di Istana Bogor," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/17).


Boy Rafli mengatakan, salah satu yang menjadi fokus pembahasan adalah terorisme. Menurutnya, baik Indonesia maupun Arab Saudi terkena dampak dari gejolak di Irak dan Suriah.


"Kita tahu ancaman ke depan, tak lepas dari dampak masalah Timur tTengah," ujarnya.


Selain terorisme, Boy menuturkan, dibahas juga tentang pemberantasan narkoba yang melibatkan jaringan internasional. Indonesia dan Arab Saudi menghadapi masalah yang tidak kecil terkait peredaran narkoba.


"Perlu ada semacam kerjasama yang efektif dalam meminimalkan dampak peredaran narkoba yang bertransaksi secara transnasional," kata Boy Rafli.


Namun masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Arab Saudi, belum dibahas pada pertemuan malam tadi oleh kepolisian dua negara. "Nggak ada (pembahasan TKI), tadi malam akrab," kata Boy.


Baca: Korban Crane di Mekkah Berharap Janji Raja Arab Direalisasikan

Editor: Agus Luqman 

  • Arab Saudi
  • terorisme
  • Mabes Polri
  • Kapolri
  • kejahatan transnasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!