BERITA

KTT IORA, Jokowi Harap Beri Solusi Global

""Saya mengimbau agar menteri-menteri kita, pejabat tinggi kita, dan para peserta KTT ini terus mendorong solusi-solusi praktis,""

Yudi Rachman

KTT IORA, Jokowi  Harap Beri Solusi Global
Presiden Joko Widodo bersama pemimpin negara anggota IORA. (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo berharap kerjasama dengan anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) bisa memberikan solusi permasalahan global. Beberapa permasalahan seperti lingkungan hidup, kesejahteran, dan mitigasi bencana karena kawasan Samudera Hindia memiliki potensi bencana yang besar.

"Saya mengimbau agar menteri-menteri kita, pejabat tinggi kita, dan para peserta KTT ini terus mendorong solusi-solusi praktis," tuturnya.

Presiden Joko Widodo mengajak dunia internasional, khususnya negara-negara anggota IORA, untuk turut aktif dalam melahirkan solusi-solusi praktis terkait permasalahan tersebut.

Setelah menyampaikan sambutan, Presiden didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama beberapa Kepala Negara/Kepala Pemerintah di antaranya Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, Presiden Sri Lanka Maithripala  Sirisena, Presiden Mozambik Filipe Nyusi, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memukul tifa secara bersamaan yang menandakan dimulainya KTT IORA secara resmi. 

Fokus Kerja Sama

Indonesia akan memfokuskan kerjasama pendidikan di bidang maritim dengan anggota    Asosiasi Negara-Negara Lingkar Samudera Pasifik (IORA). Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M.Nasir, kerjasama pendidikan dengan negara anggota IORA difokuskan pada sektor lingkungan hidup di laut.

kata dia, kerjasama itu berupa keikutsertaan penelitian dan pertukaran mahasiswa.

"Kalau kemaritiman kami yang sudah ada dengan Australia, Singapura, Malaysia, India dan nanti dengan Oman, Afrika belum. (Titik berat kerjasama pendidikannya?) Biodiversity laut di arah itu. Riset di bidang Oceanography," jelas Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M.Nasir di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M.Nasir menambahkan,  kini Indonesia akan menjajaki kerjasama dengan Oman. Sebagai negara anggota IORA, Oman dinilai bisa memfasilitasi pendidikan dan penelitian di bidang riset kelautan.


Editor: Rony Sitanggang

  • KTT IORA ke-20 2017 di Jakarta
  • presiden joko widodo
  • Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!