HEADLINE

LRT Jabodetabek Berstandar Internasional

LRT Jabodetabek Berstandar Internasional

KBR, Jakarta – Pemerintah telah memutuskan pembangunan light rail transit (LRT) akan berstandar internasional dengan lebar rel 1435 milimeter. Keputusan itu adalah bentuk kesepakatan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 


“Seluruh LRT Jakarta akan menggunakan rel ukuran standar internasional. Kita juga akan gunakan traksi tiang listriknya 750 volt, enggak gantung, jadi listriknya di tengah. Kita akan bangun yang di dalam wilayah Jakarta oleh DKI. Nanti yang keluar kota pinggiran akan dibangun oleh Kemenhub,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Poenama di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (24/03/16).


Ahok mengatakan, standar internasional dipilih karena jalur LRT di DKI Jakarta lebih panjang daripada jalur LRT di luar DKI Jakarta. Selain itu, volume pembangunan sarananya juga akan lebih besar. Nantinya, pembangunan LRT akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Tahap pertama pembangunan itu adalah rute Cibubur dan Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 42,1 kilometer.


Hari ini, Kemenko Perekonomian menggelar rapat koordinasi terkait pembangunan LRT. Peserta rapat di antaranya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Poernama, perwakilan Kementerian Keuangan, PT Kereta Api Indonesia, dan PT Adhi Karya. Rapat memutuskan pembangunan rel LRT di luar DKI Jakarta akan mengikuti spesifikasi rel standar internasional. Menindaklanjuti kesepakatan itu, pemerintah akan merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 98 tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/LRT Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • LRT Jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!