BERITA

Jokowi Optimistis Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018

"Pembangunan dimulai sejak 2010. "

Teddy Rumengan

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berdialog dengan masyarakat saat memperkenalkan Program Kartu Ind
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berdialog dengan masyarakat saat memperkenalkan Program Kartu Indonesia Sehat di Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (23/3/2016) (Foto: Antara)

KBR, Balikpapan - Presiden Joko Widodo hari ini memantau langsung proyek pembangunan jalan tol pertama di ruas jalan tol di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara. Jalan tol ini akan menghubungkan Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,2 kilometer.

Presiden didampingi sejumlah Menteri tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Di lokasi, Jokowi berbincang dengan Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk Ishak terkait pembangunan jalan tol sepanjang 99,2 kilometer tersebut.

“Saya sengaja datang ke sini untuk memastikan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini sudah mulai lagi,” kata Presiden. 

Menurut Jokowi, problem terbesar hingga tidak rampungnya proyek ini adalah karena pembebasan lahan. Proyek pembangunan jalan tol dimulai sejak 12 Januari 2010.

“Problem terbesar semua proyek pada pembebasan lahan.  Di sini ada pembebasan lahan TNI dan hutan. Kalau gak diselesaikan, gak rampung-rampung. Kalau konstruksi sih cepat sekali,” terangnya.

red

Kendati begitu, Presiden optimis pembangunan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2018 atau lebih cepat setahun dari target sebelumnya 2019. Proyek ini menelan anggaran sekitar Rp 13,1 triliun dengan lima bagian jalan tol yang dibangun.

“Pembebasan lahan sudah mencapai 85 persen, dan sambil menunggu pembebasan seluruhnya, pekerjaan konstruksi jalan terus,” imbuhnya.

Jalan tol terbagi dalam empat lajur dan dua arah. Pembangunan jalan tol ini bakal memangkas lama perjalanan yang biasanya 2 jam menjadi sekitar 1 jam lebih dengan kecepatan berkendara rata-rata 80 kilometer per jam.

Seusai meninjau pembangunan jalan tol ini, Presiden menuju Asrama Haji Batakan untuk membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS)  dan meninjau Waduk Tritip.

Editor: Citra Dyah Prastuti  

  • jalan tol kalimantan
  • Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!