BERITA

BPS Akan Sensus Usaha E-Commerce Tahun Ini

BPS Akan Sensus Usaha E-Commerce Tahun Ini

KBR, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyensus perdagangan berbasis online atau e-commerce pada Sensus Ekonomi 2016. Kepala BPS Suryamin mengatakan, sektor e-commerce menjadi salah satu usaha yang saat ini berkembang pesat di masyarakat.


“Untuk yang susah, yang online, kita akan terjun ke lapangan, lewat rumah tangga akan digali. Kita akan gali anggota keluarga yang punya usaha e-commerce," jelas Suryamin di kantornya, Jumat (18/3/2016). 


"Kejujuran tiap responden diperlukan. Kami, juga Kemenkominfo, yang mempunyai direktori, kegiatan elektronik, kegiatan yang menggunakan IT."


Suryamin mengatakan, sensus ekonomi tahun ini memang berbeda dibanding sensus sebelumnya. Kata dia, perkembangan internet turut mengubah gaya berusaha masyarakat Indonesia, misalnya usaha e-commerce. Dia memprediksi, sektor e-commerce tumbuh subur dari skala rumahan.


Sensus Ekonomi adalah pendataan lengkap seluruh aktivitas ekonomi, kecuali sektor pertanian serta mencakup semua skala usaha dan pelaku usaha. Sensus Ekonomi 2016 akan digelar di seluruh wilayah Indonesia pada 1 sampai 31 Mei 2016 dengan melibatkan lebih dari 340 ribu petugas lapangan. Nantinya, data hasil Sensus Ekonomi dapat dimanfaatkan pemerintah dan pelaku usaha untuk mengetahui peta usaha dari skala mikro sampai terbesar. Diperkirakan, Sensus Ekonomi 2016 akan mencakup lebih dari 24 juta usaha atau perusahaan. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Sensus Ekonomi
  • E-Commerce

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!