Panen, Stok Beras di Sumut Aman Hingga 6 Bulan

"Adanya perbedaan panen antarkabupaten dan wilayah. Itu lah yang menguntungkan sehingga ada ketersediaan gabah"

Kamis, 08 Feb 2018 08:04 WIB

Petani membawa padi menggunakan terpal saat panen di persawahan yang terendam banjir di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, Rabu (7/2). (Foto: Antara)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Medan- Beberapa wilayah di Sumatera Utara saat ini tengah melakukan panen padi. Dengan demikian, sehingga stok  beras  aman untuk 6 bulan ke depan.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikulura Sumut, M Azhar Harahap mengatakan panen dilakukan setiap bulan sehingga pasokan stok beras aman di beberapa daerah.

"Tidak ada istilah panen raya. Kalo panen raya itu seluruh di Sumut panen. Adanya perbedaan panen antarkabupaten dan wilayah. Itu lah yang menguntungkan sehingga ada ketersediaan gabah di Sumut sepanjang tahun karena berbeda panennya," kata Azhar di Medan, Rabu (7/2).

Lanjut dia,   impor beras tidak berpengaruh karena wilayah di Sumut saat ini sedang mengalami surplus. 

"Impor beras tidak ada berpengaruh di Sumut, karena itu hanya untuk cadangan pangan pemerintah tidak untuk didrop ke pasar. Sumut ini surplus. Harga kita juga aman," jelas Azhar.

Saat ini adalah wilayah yang menghasilkan gabah di Sumut, seperti Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdangbedagai, dan Labuhanbatu Utara seluas 15 ribu hektare. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Konflik agraria dari tahun ke tahun terus naik. Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat terjadi 600an konflik agraria sepanjang tahun lalu, meningkat 50 persen dibandingkan 2016.