BERITA

Longsor di Purbalingga, 4 Anak Tewas

Longsor di Purbalingga, 4 Anak Tewas

KBR, Purbalingga– Sebanyak empat anak meninggal  diterjang bencana longsor yang terjadi di RT 03 RW 04 Jingkang Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah Kamis malam (22/2/2018) sekitar pukul 21.00 WIB. Longsor juga mengakibatkan  enam orang lainnya terluka dan dirawat di Rumah Sakit Goeteng Tarunadibrata.

 

Kepala Pelaksana Harian (Lakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Satya Giri Podo mengatakan, longsor menimpa rumah keluarga Muslihin yang sedang menggelar selamatan menjelang hajat menyunat dan menikahkan anaknya. Saat itu, tiba-tiba tebing di belakang rumah setinggi 4 meter longsor dan menjebol tembok belakang dan menembus ruang tamu.

red

Giri menjelaskan, tamu yang saat itu kebanyakan anak-anak pun diterjang material longsoran yang begitu cepat. Empat korban tewas dalam kejadian itu yakni, Saiful Umam (8) anak Muslikhin, yang baru saja disunat, Abdul Rouf (10),  Al Taromi (7) dan Safangatun Isnain (4).

 

Adapun yang terluka dan dirawat di rumah sakit adalah Sahrudin (55), Sokhimun (38), Ruslan (25), Ojan (16), Sarif (35) dan Karsun (16).

 

“Ya, itu kejadiannya hari Kamis kurang lebih pukul 21.00 WIB, di rumahnya Pak Solikhin. (korban) Anak-anak, betul.  Itu kejadiannya, Pak Solikhin akan menggelar hajatan, mantu dan khitanan. Nah, itu malam itu, mereka sedang yasinan atau tahlilan, kirim doa. Tanpa diduga, tebing setinggi empat meter, itu longsor dari belakang dan menembus ke bagian depan,” jelas Satya Giri Podo, Jumat (23/2/2018).

 

Giri menerangkan, pagi sekitar pukul 08.00 WIB, keempat anak yang meninggal dunia dimakamkan. Saat kejadian kondisi cuaca sedang hujan deras yang turun sejak sore. Selain itu, saat itu listrik juga sedang padam.

 

Menurut Giri, warga yang sedang berada di dalam rumah milik Solikhin segera berhamburan  keluar menyelamatkan diri. Namun tidak semua bisa keluar termasuk anak yang disunat dan teman-teman yang saat itu berada di kamar. Mereka tertimbun dan tertimpa material longsor dan kayu.


Setelah longsor reda, warga segera melakukan pencarian. Empat anak ditemukan sudah tak bernyawa. Enam lainnya, ditemukan dalam kondisi terluka. Enam orang lainnya mengalami luka-luka. Mereka yang terluka dilarikan ke Puskesmas Karangjambu dan RSUD dr R Goetheng Tarunadibrata Purbalingga untuk mendapatkan perawatan intensif.


Editor: Rony Sitanggang

  • bencana longsor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!