Dua Hektare Hutan Cagar Alam di Lebong Bengkulu Hangus Terbakar

"Kami meminta masyarakat untuk tidak membersihkan lahan perkebunan dengan cara dibakar, apalagi saat ini kita memasuki musim kemarau," kata Jaja.

Selasa, 06 Feb 2018 15:11 WIB

Sebagian hutan Cagar Alam Danau Tes di Kabupaten Lebong, Bengkulu yang terbakar, Senin (5/2/2018). (Foto: KBR/Muh Antoni)

KBR, Lebong - Kebakaran hutan menghanguskan dua hektare kawasan Cagar Alam Danau Tes di Kabupaten Lebong, Bengkulu, pada Senin (5/2/2018). Hutan yang terbakar berada di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu Jaja Mulyana mengatakan kebakaran diduga karena adanya aktifitas masyarakat yang sengaja membakar di pinggiran kawasan cagar alam.

"Titik api mulai muncul sejak pagi hari, Senin kemarin. Kami menduga itu kelalaian manusia. Ditambah lagi dalam dua pekan terakhir cuaca memasuki musim kemarau, jadi sangat mudah terbakar," kata Jaja kepada KBR di Rejang Lebong, Selasa (6/2/2018).

Tim BKSDA dibantu masyarakat setempat berhasil memadamkan api pada Senin sore dengan menggunakan peralatan manual. Titik air di lokasi tersebut sangat sulit dijangkau.

"Medannya sangat sulit, jadi petugas memadamkan api menggunakan alat seadanya, dibantu masyarakat setempat," ujarnya.

Jaja menghimbau masyarakat di wilayah Bengkulu yang berada di pinggir kawasan hutan lindung maupun konservasi, agar tidak melakukan aktifitas pembersihan lahan perkebunan dengan cara dibakar, karena hal tersebut dapat memicu menyebarnya api ke dalam kawasan hutan.

"Kami meminta masyarakat untuk tidak membersihkan lahan perkebunan dengan cara dibakar, apalagi saat ini kita memasuki musim kemarau," kata Jaja.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Saat ini ada banyak cara dan sarana untuk membantu orang lain. Lewat NusantaRun salah satunya.