BERITA

Pemkot Balikpapan Mulai Bongkar Lokalisasi Terbesar di Kaltim

""Demi kebaikkan bersama dan untuk menindaklanjuti instruksi bapak Gubernur dan memang sudah kesepakatan kita untuk menutup kegiatan-kegiatan komplek""

Teddy Rumengan

Pemkot Balikpapan Mulai Bongkar Lokalisasi Terbesar di Kaltim
Lokasi prostitusi Kilo 17, Balikpapan Kaltim. (Sumber: Medsos)


KBR, Balikpapan– Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur  akhirnya membongkar puluhan barak lokalisasi Kilometer 17, Rabu (08/02) sekitar pukul 10.00 Wita. Pembongkaran dipimpin   Wali Kota  Rizal Efendi didampingi Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pembongkaran tersebut merupakan instruksi Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk. Kata dia  aktifitas prostitusi tidak boleh ada lagi, bukan hanya di Kota Balikpapan tapi seluruh wilayah Kalimantan Timur.


Menurut Rizal, sebenarnya penutupan kegiatan prostisutis sudah dilakukan sejak 2013 lalu, termasuk rencana pembongkaran puluhan barak yang ada. Hanya saja masih diberikan toleransi. Selain itu status lahannya merupakan milik Pemerintah Kota Balikpapan.


Rizal  mempersilahkan jika ada pihak-pihak yang protes maupun tidak setuju dengan pembongkaran untuk menempuh jalur hukum melalui pengadilan. Karena pembongkaran memang harus dilakukan dan tidak bisa ditunda lagi. Karena sudah memenangkan gugatan di PTUN.


"Demi kebaikkan bersama dan untuk menindaklanjuti instruksi bapak Gubernur dan memang sudah kesepakatan kita untuk menutup kegiatan-kegiatan komplek (lokalisasi). Jadi ya kita bongkar,” ujar Wali Kota Balikpapan disela-sela pembongkaran, Rabu (08/02).


“Tentu kan hak semua warga Negara kita menghargai kalau nanti ada tuntutan ya coba kita uji di pengadilan,”


Sebelum dilakukan pembongkaran, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan tentang Penutupan dan Pembongkaran Lokalisasi Kilometer 17 oleh Camat Balikpapan Utara. Pembongkaran dilakukan tanpa ada perlawanan dari penghuni maupun warga sekitar.


Lokalisasi Kilometer 17 Balikpapan merupakan salah satu lokalisasi terbesar di Kalimantan karena memperkerjakan sekitar 1.400-an PSK. Lokalisasi  tersebut sudah berdiri sejak awal  1990.


Editor: Rony Sitanggang

  • kilo 17 balikpapan
  • Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi
  • Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!