BERITA

2017-02-12T14:59:00.000Z

Katulampa Siaga III, Warga Diimbau Waspada

"Ketinggian air diperkirakan akan semakin meningkat karena hujan masih merata di sekitar Puncak, Depok dan Jakarta."

Katulampa Siaga III, Warga Diimbau Waspada
Sejumlah kendaraan melintas di atas jembatan penyeberangan di Bendungan Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/2). Foto: Antara

KBR, Jakarta- Masyarakat di sekitar pinggiran aliran sungai Ciliwung diminta untuk mewaspadai naiknya permukaan air. Hal ini menyusul peningkatan ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor selama beberapa jam terakhir.

Menurut Kepala Penjaga Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman, ketinggian air di Katulampa mencapai 100 sentimeter. Ketinggian air diperkirakan akan semakin meningkat karena hujan masih merata di sekitar Puncak, Depok dan Jakarta.

"Jam 14.10, jam 14 masih 90 cm ada kenaikan sekarang menjadi 100 cm, cuaca masih mendung. Sudah mulai siaga, kurang lebih 140 ribu liter air yang menuju ke kawasan Jakarta, itu yang perlu diwaspadai. Tetapi ini perlu kita waspadai karena hujan merata dari Bogor, Depok sampai Jakarta, itu yang perlu kita waspadai," ujarnya Andi Sudirman kepada KBR, Minggu (12/2/2017).


Andi Sudirman menambahkan, kondisi ketinggian air hingga kini bertahan di siaga III setelah sebelumnya berada di level siaga IV. Kata dia, ketinggian air akan mencapai siaga penuh atau siaga I jika sudah lebih dari 200 sentimeter.  


Data dari BPBD Jakarta mencatat, ketinggian air di beberapa pintu air seperti Depok, Manggari, Cipinang Hulu mengalami peningkatan. Ketinggian air di Depok mencapai 185 cm, sedangkan di Manggarai mencapai 700 sentimeter , sedangkan di Cipinang Hulu mencapai 130 sentimeter dengan cuaca mendung dan gerimis.

Editor: Sasmito

  • Bendung Katulampa
  • banjir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!