BERITA

GP Ansor dan Ormas di Bali Demo Minta FPI, HTI dan MMI Dibubarkan

GP Ansor dan Ormas di Bali Demo Minta FPI, HTI dan MMI Dibubarkan


KBR, Bali- Ratusan orang dari sejumlah ormas seperti Gerakan Pemuda (GP) Anshor, Laskar Bali, Baladika dan Pemuda Bali Bersatu menggelar aksi menolak FPI di lapangan Niti Mandala Renon. Aksi di mulai dengan longmarch dan dilanjutkan dengan orasi di depan monumen perjuangan rakyat Bali. Aksi dilanjutkan dengan orasi sejumlah tokoh masyakarat.

Nuril Arifin Husein atau kerap disapa Gus Nuril dari Patriot Nusantara mengatakan tidak ada yang  membolehkan suatu lembaga, suatu ormas atau suatu partai untuk menggantikan  Pancasila atau Undang-Undang Dasar 1945   dengan aturan apapun.


"Kita desak dan barangkali ini akan kita teruskan lewat Kapolda, Dandim lewat Gubernur untuk diteruskan kepada presiden harus segera dilakukan tindakan pembubaran. Tidak ada alasan lagi karena tidak memiliki izin itu namanya organisasi liar dan Indonesia mengutamakan hukum dan aturan bernegara dan berbangsa," ujar Gus Nuril, Senin (06/02).


Kata dia sepak terjang FPI, HTI dan MMI semakin mengancam NKRI dan kebhinnekaan bangsa Indonesia. Organisasi-organisasi itu dinilai selalu bikin onar dan melakukan tindakan kekerasan dengan berlindung di balik agama.

 

Pernyataan sikap Komponen Rakyat Bali yang dibacakan I Gusti Agung Ngurah Putu Artha mengatakan salah satu fitnah dan kebohongan yang dilakukan oleh jubir FPI, Munarman yang menuduh pecalang melempari rumah penduduk dan melarang umat muslim salat Jumat.

Baca: Polisi Periksa Munarman

"Menuntut Presiden Joko Widodo menindak tegas ormas yang mengganggu keutuhan NKRI, Komponen Rakyat Bali menolak kehadiran FPI di pulau dewata dan menuntut kapolda mengusut tuntas penghinaan oleh jubir FPI dan menghukum seberat-beratnya", ujarnya.

Aksi Tolak ormas intoleran juga dimeriahkan dengan atraksi barongsai dan pembacaan puisi. Aksi sore ini berjalan aman yang dijaga aparat kepolisian.


Editor: Rony Sitanggang

  • Nuril Arifin Husein alias gus nuril
  • Laskar Bali
  • ormas baladika
  • Pemuda Bali Bersatu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!