HEADLINE

Presiden Minta Perbankan Salurkan Kredit ke UMKM

Presiden Minta Perbankan Salurkan Kredit ke UMKM

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengingatkan industri perbankan agar menyalurkan kredit secara merata kepada masyarakat. Dia berharap bank bisa membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat kecil dan menengah melalui penyaluran kredit usaha.

"Kita tinggal memastikan tumbuhnya industri keuangan ikut mendorong perekonomian yang berkualitas. Contohnya di perbankan jangan sampai asyik mengumpulkan dana pihak ketiga, tapi pemberian kreditnya susah. Saya perlu ingatkan. Terutama usaha yang kecil, usaha menengah, usaha mikro," ujar Jokowi di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, Kamis (18/1).


Industri perbankan diharapkan bisa menaruh perhatian lebih kepada pengusaha mikro atau pengusaha kecil. Menurut dia harus ada usaha bersama untuk mendorong masyarakat terhubung kepada perbankan. Hal itu dilakukan melalui program nontunai.


Pemerintah juga   siap memfasilitasi peningkatan kredit bagi pengusaha kecil salah satunya melalui Bank Wakaf Mikro. Bank tersebut merupakan pemberi fasilitas kredit khusus pengusaha kecil di sekitar lingkungan pesantren.


"Membantu pengusaha mikro menjadi pengusaha kecil, pengusaha kecil menjadi pengusaha menengah. Memang membutuhkan lebih banyak tenaga dan pikiran. Tetapi memang itu yang harus kita lakukan."

Editor: Rony Sitanggang 

  • kredit
  • Presiden Jokowi
  • UMKM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!