Presiden Minta Perbankan Salurkan Kredit ke UMKM

"Perbankan jangan sampai asyik mengumpulkan dana pihak ketiga, tapi pemberian kreditnya susah."

Jumat, 19 Jan 2018 08:49 WIB

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2018, di Jakarta, Kamis (18/1). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengingatkan industri perbankan agar menyalurkan kredit secara merata kepada masyarakat. Dia berharap bank bisa membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat kecil dan menengah melalui penyaluran kredit usaha.

"Kita tinggal memastikan tumbuhnya industri keuangan ikut mendorong perekonomian yang berkualitas. Contohnya di perbankan jangan sampai asyik mengumpulkan dana pihak ketiga, tapi pemberian kreditnya susah. Saya perlu ingatkan. Terutama usaha yang kecil, usaha menengah, usaha mikro," ujar Jokowi di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, Kamis (18/1).

Industri perbankan diharapkan bisa menaruh perhatian lebih kepada pengusaha mikro atau pengusaha kecil. Menurut dia harus ada usaha bersama untuk mendorong masyarakat terhubung kepada perbankan. Hal itu dilakukan melalui program nontunai.

Pemerintah juga   siap memfasilitasi peningkatan kredit bagi pengusaha kecil salah satunya melalui Bank Wakaf Mikro. Bank tersebut merupakan pemberi fasilitas kredit khusus pengusaha kecil di sekitar lingkungan pesantren.

"Membantu pengusaha mikro menjadi pengusaha kecil, pengusaha kecil menjadi pengusaha menengah. Memang membutuhkan lebih banyak tenaga dan pikiran. Tetapi memang itu yang harus kita lakukan."

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Konflik agraria dari tahun ke tahun terus naik. Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat terjadi 600an konflik agraria sepanjang tahun lalu, meningkat 50 persen dibandingkan 2016.