Jonan Targetkan 1500 Desa Tahun ini Berlistrik

"Diberi penerangan lampu dan colokan handphone"

Selasa, 16 Jan 2018 13:30 WIB

Ilustrasi (foto: Antara)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR,Jakarta- Menteri Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan tahun ini sebanyak 1500 desa  akan mulai dialiri dengan kapasitas untuk penerangan. Menurut Jonan sebelumnya kementeriannya mencatat ada sebanyak 2500 an desa di Indonesia yang belum teraliri listrik, 1000 diantaranya sudah mulai teraliri pada 2017. Dan sisanya akan dimulai pada tahun ini.

“Kita sudah selesaikan setahun, di akhir tahun 2017 itu ada 1000 desa, nanti kita akan selesaikan lagi insyaallah di tahun ini itu bisa 1500 lagi diselesaikan hanya diberi penerangan lampu dan colokan handphone, TV belum bisa, kita pasang independent home solar system diberikan gratis karena itu untuk kelompok yang paling kurang beruntung,” ujar Jonan di gedung Manggala Wanabhakti, Selasa (16/01/2018).

Jonan mengatakan kapasitas yang akan diberi untuk setiap rumah adalah 4 lampu dengan lumen setara dengan 60 watt. Kata dia listrik tenaga surya tersebut memakan biaya 2 juta untuk setiap rumah.

“2 juta satu rumah itu murah, kalau Bupati di Papua terbang bolak balik ke sini udah 10 juta, bisa biayain 5 rumah, kalau setahun bolak balik ke sini sudah berapa banyak, jadi mendingan saya yang ke sana terus pasang alatnya saja. Jadi kalau pak menteri dan bu menteri KLHK pergi-pergi atau rapat-rapat, mending uangnya kasih ke saya saja saya pasangkan lampu-lampu di desa-desa,” ujar Jonan.

Editor: Rony Sitanggang
 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas
  • MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi
  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP

Alasan Panitia MocoSik Festival 2018 Larang Penjualan Buku Komunis

  • Kembangkan Aplikasi Street View, Google Diminta Jaga Hak Privasi Warga
  • Kembangkan Google Street View, Warga yang Keberatan Bisa Mengadu
  • DPRD Banyumas Bakal Panggil Pelbagai Pihak terkait Kasus Pemukulan Guru ke Siswa

Diabetes kerap menjadi masalah yang mengkhawatirkan di Indonesia. Penyakit yang satu ini berkaitan erat dengan pola gaya hidup sehat, mulai dari makanan hingga aktivitas fisik.