BERITA

Banyuwangi Siapkan 55 Ribu Hektare Lahan Sawah Abadi

Banyuwangi Siapkan 55 Ribu Hektare Lahan Sawah Abadi

KBR, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyiapkan 55 ribu hektare lahan untuk dijadikan sawah abadi pada tahun 2018.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi Arif Setiawan mengatakan 55 ribu hektare tersebut ada di 25 kecamatan. Lahan- lahan itu disiapkan khusus untuk lahan pertanian padi, dan tidak boleh dialihfungsikan menjadi lahan pertanian lain.

Rencana membuat lahan abadi itu dimaksudkan untuk mengantisipasi lahan-lahan pertanian produktif di Banyuwangi yang hilang karena alihfungsi untuk pembangunan perumahan atau sektor industri. 

"Lahan yang akan kita tetapkan itu 55 ribu hektare. Lahan itu sudah kita kolaborasikan dengan Perda, RPPRK, RPPRW yang ada di Dinas PU Cipta Karya dan Tataruang. Jadi disinergikan dengan mereka, termasuk disinergikan dengan Badan Pertanahan Nasional BPN," kata Arif Setiawan di Banyuwangi, Rabu (17/1/2018).

Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi Arif Setiawan menambahkan pemerintah daerah akan memasang papan nama terhadap lahan persawahan abadi yang sudah disipan tersebut. Pemasangan papan nama itu dimaksudkan agar masyarakat mengetahui bahwa lahan itu merupakan lahan sawah abadi yang tidak boleh dialih fungsikan.

Namun Arif mengatakan pembuatan lahan sawah abadi tetap memerlukan komitmen dari masyarakat Banyuwangi. Kata Arif, warga harus bersedia menjaga lahan abadi itu agar tidak beralih fungsi, meski ditawar dengan harga tinggi.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • lahan sawah abadi
  • alih fungsi lahan
  • alih fungsi lahan pertanian
  • masa depan pertanian Indonesia
  • lahan abadi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!