BERITA

Tiga Peserta Diksar Mapala UII Tewas, Polisi Tangkap 2 Tersangka

""Tadi pada pukul 05.30 WIB ditangkap di tempat mereka tinggal di wilayah Yogyakarta,""

Tiga Peserta Diksar Mapala UII Tewas, Polisi Tangkap 2 Tersangka
Kerabat korban meningggal The Great Camping pendidikan dasar (diksar) Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Islam Indonesia (UII) Ilham Nurfadmi Listia Adi asal Lombok di rumah


KBR, Jakarta- Polres Karanganyar menetapkan dua tersangka dalam kasus penyiksaan terhadap peserta pendidikan dasar Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Juru bicara Polri, Martinus Sitompul mengatakan, dua tersangka tersebut yakni M Wahyudi alias Yudi (25) dan Angga Septiawan alias Waluyo (27). Keduanya merupakan mahasiswa UII sekaligus anggota Mapala.

"Terkait dengan penyelenggaraan Ditsar Mapala UII Yogyakarta yang dalam pelaksanaannya telah ada tiga korban meninggal dunia. Pada hari Minggu telah dilakukan gelar perkara dan ditentukan dua tersangka. Kemudian tadi pada pukul 05.30 WIB ditangkap di tempat mereka tinggal di wilayah Yogyakarta," kata Martinus di Jakarta, Senin (30/01/17).


Ia menjelaskan, penangkapan dilakukan pada Senin pagi sekitar pukul 05.30 WIB oleh Tim Satreskrim Polres Karanganyar dibantu Tim IT Subdit III Jatanras Diteskrimum Polda Jateng. Setelah itu, dilakukan penggeledahan dan penyitaan sejumlah barang.


"Di antaranya tas kedua tersangka, telepon genggam, sepatu gunung, dan pakaian yang digunakan selama diksar," ujar Martinus.


Tim gabungan melanjutkan kegiatan penggeledahan ke rumah kos Wahyudi. Martinus mengatakan, Polisi menyita barang-barang berupa celana, baju, slayer, dan tongkat. Kemudian tim membawa kedua tersangka dan barang bukti ke Markas Polres Karanganyar.


"Tongkat terbuat dari rotan diduga digunakan tersangka dalam melakukan tindak kekerasan atau tindak pidaa," jelasnya.


Kegiatan Diksar The Great Camping XXXVII oleh Mapala UII dilaksanakan di Dusun Tlogodringo, Gondosuli, Karanganyar, Jawa Tengah,  pada  14-22 Januari 2017 lalu. Tercatat 37 peserta mengikuti kegiatan itu.


Tiga mahasiswa UII meninggal dunia dalam kegiatan Diksar tersebut. Mereka yakni Syaits Asyam (19), Muhammad Fadli (19), dan Ilham Nur Padmy Listia Adi (20). Pasca peristiwa itu Rektor UII Harsoyo memutuskan mundur.


Editor: Rony Sitanggang

  • rektor UII Harsoyo
  • Diksar The Great Camping Mapala

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!