BERITA

Ratusan Pendemo Desak Kapolda Kalbar Tangkap Pengusir Wasekjen MUI di Sintang

""FPI adalah milik kami umat Islam, sehingga siapa pun yang ingin membubarkannya maka sama dengan mereka ingin membubarkan Islam, dan mereka akan berhadapan langsung dengan kami,""

Ratusan Pendemo Desak Kapolda Kalbar Tangkap Pengusir Wasekjen MUI di Sintang
Aksi demo mengecam pengusiran Wasekjen MUI Tengku Zulkarnaen di Pontianak, Kalbar, Jumat (13/01). (Foto: KBR/Edho S.)

KBR, Pontianak- Sejumlah massa yang mengatasnamakan Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat Bersatu, usai sholat Jumat (13/1) mendatangi Mapolda Kalbar. Kedatangan mereka ini, terkait penolakan kedatangan Wasekjen MUI KH Tengku Zulkarnaen yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) di Bandara Susilo Kabupaten Sintang, Kamis (12/1) pagi pukul 10.30 wib.

Baca: Penjelasan Sekretaris Majelis Adat Dayak Nasional 

Menurut tokoh pengunjukrasa Athaillah, kedatangan mereka ke Mapolda Kalbar ini, untuk menyampaikan sikap dan mendesak Kapolda Kalbar  menangkap pelaku pengusiran   terhadap  Tengku Zulkarnaen yang akan melaksanakan ceramah Maulid Nabi SAW di Sintang.

"Dikarenakan pelaku tersebut melanggar Undang-Undang Pidana tentang pengancaman dengan menggunakan senjata tajam," ujarnya.


Pendemo juga mendesak Kapolda Kalbar untuk memproses Kapolres Sintang karena  melakukan pembiaran terhadap aksi tersebut. Selain itu mendesak Dirjen Perhubungan Udara, untuk memproses Kepala Bandara Susilo Sintang yang telah membiarkan sekelompok orang yang mengatasnamakan pemuda Dayak Sintang yang masuk ke dalam objek vital bandara dengan membawa senjata tajam.


"Mendesak legislatif dan eksekutif untuk melakukan pengawasan terhadap kelompok-kelompok yang melakukan intoleransi dan mengganggu keamanan beribadah umat Islam," paparnya.


Ia juga menegaskan,  siapa pun yang melecehkan dan menghalang-halangi dakwah mereka maka ia menjadi musuh.


"Kami Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat bersatu menyatakan bahwa FPI adalah milik kami umat Islam, sehingga siapa pun yang ingin membubarkannya maka sama dengan mereka ingin membubarkan Islam, dan mereka akan berhadapan langsung dengan kami," tegas dia.

Editor: Rony Sitanggang

  • Wasekjen MUI KH Tengku Zulkarnaen
  • Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat Bersatu
  • Athaillah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!