BERITA

Pilkada Serentak, KPU Perkirakan Partisipasi Pemilih Kota Jayapura Turun

""Mereka juga apatis karena. Ya, begitu, salah satunya dan mungkin karena kejenuhan juga.""

Katarina Lita

Pilkada Serentak, KPU Perkirakan Partisipasi Pemilih Kota Jayapura Turun
Calon Petahana Jayapura Benhur Tomi Mano. (Foto: Antara)


KBR, Jayapura- Partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak 2017 di Kota Jayapura diperkirakan menurun drastis. Angkanya dibawah 70 persen. 

Kepala Bagian Bina Partisipasi Masyarakat KPU RI, Titi Prihati Wahyuningsih menyebutkan faktor kejenuhan dan tak percaya akan pemimpin sebelumnya, menjadi penyebab turunnya partisipasi masyarakat.

 

“Kalau kita kan juga melakukan riset. Mereka juga apatis karena (calonnya ga lolos?) Ya, begitu, salah satunya dan mungkin karena kejenuhan juga. Kami dari KPU juga akan melakukan pendidikan pemilih tentang pentingnya memilih. Diharapkan kita ada stiker dan yang sudah dididik di sini, bisa menyebarkan ke teman-teman, paling tidak ke keluarga,” ujarnya, Selasa (31/01).

 

KPU  menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada Kota Jayapura dapat mencapai 77,5 persen.

 

Pilkada Kota Jayapura diikuti oleh pasangan tunggal, Benhur Tomi Mano dan Rustan Saru (BTM-HaRUS). Pasangan tunggal ini ditentukan, setelah pasangan Boy Markus Dawir-Nur Alam permohonannya ditolak olah Mahkamah Agung, karena tak memenuhi syarat.


Calon petahana ini  diusung oleh 7 partai politik dengan jumlah 33 kursi. Pilkada Kota Jayapura diikuti oleh 318 ribu lebih pemilih yang tersebar di 5 distrik dan 39 kampung.


Editor: Rony Sitanggang

  • #Pilkada2017
  • #pilkada101
  • Kepala Bagian Bina Partisipasi Masyarakat KPU RI
  • Titi Prihati Wahyuningsih

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!