BERITA

Lagi, Napi di Lapas Kelas II B Purbalingga Kabur

"Peristiwa kaburnya napi merupakan kali kedua dalam sepekan terakhir di Jawa Tengah setelah dua napi penghuni LP Kelas I Batu."

Muhamad Ridlo Susanto

Lagi, Napi di Lapas Kelas II B Purbalingga Kabur
Rudin Napi Kabur Nusakambangan, DPO Rutan Purbalingga. (Foto: KBR/Dok. LP Purbalingga)


KBR, Purbalingga – Seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II B Purbalingga, Rudin alias Rudin bin Sudarmo, kabur. Kepala Lapas II B Purbalingga, Sulardi, mengatakan Rudin kabur ketika dia diperbantukan dalam pembangunan dan perbaikan tembok penjara, Rabu (25/1). Warga Desa Pangalusan Kabupaten Purbalingga ini diketahui tidak berada di tempat ketika diabsen dalam apel sebelum makan siang.

Kata Sulardi, Rudin adalah napi kasus pencurian yang divonis 2 tahun 8 bulan kurungan. Rudin sudah menjalani setahun masa hukuman. Sulardi menegaskan, tak ada tanda-tanda Rudin akan melarikan diri. Pasalnya, selama berada di dalam rutan, Rudin berkelakuan baik dan tidak pernah bermasalah.


Sulardi mengakui, Lapas Kelas II B Purbalingga kelebihan penghuni. Saat ini jumlah seluruh napi sekira 150 orang, sedangkan kapasitasnya hanya 92 orang. Namun, ia tak menyebut apakah over capacity ini berakibat pada psikologi napi sehingga ada yang nekad kabur.


“Tentunya kalau orang yang kita pilih untuk membantu itu baik dong. Karena tidak melakukan pelanggaran, sikap baik, sikap kepada petugas juga baik. Makanya saya bilang tadi, perubahan itu bisa seketika. Kapasitas total 92 sekarang dihuni oleh 150 orang. Petugas secara keseluruhan itu ada 54 orang. Tetapi ingat ya, 54 orang itu penjaga semua. Karena yang jaga itu kan cuma 20 orang. 20 orang ini menjaga 150. Itu tidak 20 orang menjaga bersama-sama. Karena pakai shift,” kata Sulardi, saat dihubungi KBR, Kamis pagi (26/1/2017).


Baca juga:

2 Napi Kabur (lagi), Kemenkumham Jateng Periksa Petugas Lapas Nusakambangan

Buru 2 Napi Kabur, Polres Nusakambangan Perketat Jalur Keluar-Masuk


Lebih lanjut Kepala Lapas II B Purbalingga, Sulardi, mengatakan keseluruhan petugas lapas adalah 54 orang, yang terbagi menjadi beberapa bagian kerja. Penjaga atau sipir selama 24 jam terbagi menjadi empat shift, masing-masing berjumlah lima orang per shift.


Sulardi mengungkapkan, petugas sudah menghubungi keluarga orangtuanya di Pengalusan, Purbalingga. Namun hingga pagi ini keberadaannya masih nihil. Hingga saat ini, petugas masih melakukan pencarian napi kabur tersebut. Dalam pencaria itu, petugas dibantu oleh personil Polres Purbalingga dan TNI.


Peristiwa kaburnya napi merupakan kali kedua dalam sepekan terakhir di Jawa Tengah setelah dua napi penghuni LP Kelas I Batu, Nusakambangan, Cilacap juga kabur, Sabtu lalu. Dua Napi kabur nusakambangan adalah M Husen dan Syarjani Abdullah. Keduanya merupakan napi narkotika.





Editor: Quinawaty 

  • napi kabur
  • lapas purbalingga
  • rudin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!