BERITA

Kapal Zahro Terbakar, Ini yang Diambil Puslabfor dari TKP

Kapal Zahro Terbakar, Ini yang Diambil Puslabfor dari TKP


KBR, Jakarta- Tim Pusat Laboratorium Forensik selama sekitar tiga jam melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di bangkai kapal Zahra Express. Direktur Polisi Perairan (Polair) Polda Metro Jaya Hero Henrianto Bachtiar mengatakan, tim labfor yang beranggotakan enam personil membawa sejumlah barang bukti untuk diteliti.

Kata dia, barang bukti yang merupakan bagian dari mesin kapal akan dirangkai kembali, sehingga nantinya diperoleh kesimpulan penyebab terbakarnya kapal.

"Rangkaian instrumen yang sudah berantakan, oleh Puslabfor disusun, dirangkai, kira-kira item barang ini, menyimpulkan karena apa, tentunya ini membutuhkan waktu. Jadi mereka tadi hanya mengumpulkan beberapa bagian mesin mungkin,  listrik mungkin, kabel mungkin, untuk kemudian dibawa ke kantor dirangkai, memberikan jawaban nanti pada kita sendiri," kata Hero usai olah TKP di Kali Asin, Jakarta Utara, Kamis (5/1/2017).


Hero Henrianto Bachtiar menambahkan, dalam olah TKP juga dihadirkan empat kru atau anak buah kapal Zahro Express. Kata dia, para kru tersebut memberikan kesaksian detail tentang apa yang terjadi saat kapal terbakar.


"(Kru kapal) Menceritakan pada saat awal kejadian ledakan, kemudian memberikan gambaran apa yang sudah melakukan lakukan, kemudian posisi-posisi lain dari instrumen kapal apabila ada rangkaian ledakan-ledakan lain," ujar dia.


Selain tim puslabfor, olah TKP juga dilakukan oleh tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).


Editor: Rony Sitanggang

  • Kapal Zahro Express
  • Direktur Polisi Perairan (Polair) Polda Metro Jaya Hero Henrianto Bachtiar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!