Para pendaki gunung perempuan Afghanistan sedang berlatih. (Foto: Ghayor Waziri)

Para pendaki gunung perempuan Afghanistan sedang berlatih. (Foto: Ghayor Waziri)

Afghanistan adalah negara pegunungan. Tapi hanya dua pria Afghanistan yang berhasil menaklukan gunung tertinggi di negara itu.

Belum lama ini sekelompok perempuan Afghanistan membentuk federasi pendaki gunung perempuan pertama di  negeri itu untuk melatih mereka mendaki gunung.

Di Gunung Afshar Kabul, Sediqa Nooristani yang berusia 23 tahun, sedang memimpin tim pendakinya, yang semuanya perempuan. Mereka sedang berlatih untuk menaklukan Gunung Hindukosh.

Sediqa adalah pendiri dan ketua federasi pendaki gunung perempuan pertama Afghanistan.

“Sekarang tim kami telah tiba di salah satu bagian gunung yang ber-es. Dalam latihan ini, tim saya sedang mencoba untuk mendaki puncak Meersaid, yang tingginya 4800 meter dari permukaan laut.”

Saat ini ada 10 perempuan yang terdaftar di federasi pendaki gunung Afghanistan. Kebanyakan dari mereka adalah remaja dan beberapa telah berpartisipasi dalam kegiatan pendakian gunung di dalam negeri.

Farahnaz Karimi Nooristani adalah salah satunya. Dia bercita-cita menjadi pendaki gunung setelah menonton kisah para pendaki gunung di televisi. Dia mengaku sudah mendaki beberapa gunung di negara itu.

“Saat Anda tiba di puncak gunung dan melihat semuanya dari dari atas sana, terlihat sangat indah. Anda bisa melihat dunia,” ungkap Farahnaz.

Tapi tidak mudah bagi perempuan untuk mulai mendaki kata Nargis Azaryoon. Karena alasan keamanan, perempuan tidak bisa mendaki di beberapa titik yang terletak di pinggiran kota.

“Butuh waktu lebih dari satu minggu bagi pendaki untuk bisa tiba di puncak. Ini tidak mudah bagi kami. Belum lagi kalau keluarga tidak membolehkan kami pergi selama beberapa hari,” kata Nargis.

Kembali ke Gunung Afshar...

Farhard Jamshid adalah pelatih para pendaki ini. ”Para pendaki perempuan kami sudah siap. Semuanya sangat bersemangat. Mereka akan menghadapi tantangan tapi saya yakin mereka akan bisa mengatasinya.” 

Sebagai ketua federasi pendaki perempuan pertama Afghanistan, Sediqa Nooristani, sangat bangga dengan timnya.

“Lewat olahraga ini, saya ingin menunjukkan pada dunia, apa yang bisa dilakukan perempuan Afghanistan. Saya ingin mendaki puncak Everest. Tapi jika tidak bisa, saya berharap salah satu dari perempuan Afghanistan bisa melakukannya. Dan yang pasti, saya tidak akan melewatkan kisahnya,” kata Sediqa.

 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!