BERITA

Banjir Setinggi 4 Meter Terjang Aceh Singkil

Banjir Setinggi 4 Meter Terjang Aceh Singkil

KBR, Aceh Singkil – Banjir bandang setinggi empat meter menerjang tujuh kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Rabu, 8 November 2017.

Sebanyak 378 keluarga atau diperkirakan sekitar 700 jiwa dari 13 desa di Aceh Singkil terpaksa mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Sulaiman mengatakan banjir merupakan kiriman dari wilayah Pakpak Barat dan Deli, Sumatera Utara.

Banjir juga diperparah dengan cuaca ekstrim yang masih menyelimuti kawasan perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara. 

Untuk penanganan sementara, kata Sulaiman, BPBD Aceh Singkil membuka dua unit posko darurat bencana di kantor kecamatan. Dinas Sosial Aceh Singkil, melalui BPBD juga sudah mulai menyalurkan kebutuhan logistik bagi pengungsi.

"Banjir yang terjadi Bulu Sema ini adalah banjir kiriman dari Provinsi Sumatera Utara. Ketinggian air dari permukaan aspal sekitar 1,30 meter. Sedangkan di rumah masyarakat yang berada di daratan rendah sekitar empat meter. Sampai atapnya kena air. Kalau ada hujan dari Kutacane, Aceh Tenggara, habislah kami ini," kata Sulaiman kepada KBR, Rabu (8/11/2017).

Para petugas dari BPBD dikerahkan menggunakan perahu cepat atau perahu karet untuk mengevakuasi warga yang tinggal di dataran rendah. Hingga kini daerah-daerah dataran rendah diperkirakan masih terisolasi akibat banjir.

Sulaiman mengatakan belum ada laporan adanya korban jiwa maupun perhitungan kerugian materil akibat peristiwa banjir.

Pusat Data dan Informasi BDPD Aceh Singkil menyebutkan tujuh kecamatan yang terkena banjir antara lain Kecamatan Suro, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Kota Baharu, Singkohor, Singkil, dan Kecamatan Singkil Utara.

Sedangkan 13 desa yang terkena banjir adalah Desa Bulu Sema, Silatong, Ujung Limus, Cibubukan, Serasah, Tugan, Selok Aceh, Tanah Merah, Sianjo-anjo Mariah, Tanjung Mas, Lae Riman, Lipat Kajang, dan Kain Golong. 

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • bencana banjir
  • bencana banjir aceh
  • banjir Aceh Singkil
  • BPBD Aceh Singkil
  • bencana alam
  • cuaca ekstrem

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!