BERITA

Cegah Terorisme Lintas Negara, 3 Negara Gelar Patroli Bersama

Cegah Terorisme Lintas Negara, 3 Negara Gelar Patroli Bersama

KBR- Jakarta- Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu menyatakan, pengungsi Rohingya dari Myanmar berpotensi bergabung dengan kelompok teroris jika tidak ditangani dengan baik. Menurut Ryamizard, hal ini menjadi perhatian Indonesia, Malaysia dan Filipina dalam kerjasama trilateral menghadapi kelompok teroris yang terkonsentrasi di Filipina Selatan.

"Jangan main-main dengan Rohingya. Kalau tidak ditangani bisa bergabung ke sana bakal celaka. Tambah berapa ribu juga bakal susah. Bagi mereka daripada dua-tiga hari tidak makan mendingan mati aja masuk surga. Kalau dibiarkan mereka mau kemana lagi? Pasti ke sana orang lagi bingung di sana-sini tidak diterima. Tinggal dikasih mereka bakal lari ke sana. Itu logikanya," kata Ryamizard di kantornya, Jumat (13/10/17).


Ryamizard menjelaskan, tiga negara sepakat bekerjasama dalam memperkuat pertahanan darat, laut dan udara agar kelompok teroris dari Filipina Selatan tidak menyebar negara lain. Ketiga negara telah meluncurkan patroli laut trilateral dan patroli udara trilateral. Sementara patroli darat trilateral rencananya akan diluncurkan pada 20 Oktober mendatang di Filipina.


"Jadi lengkaplah darat, laut dan udara," ujarnya.


Menurut Ryamizard, kelompok teroris dari Filipina Selatan, khususnya Marawi, berpotensi besar untuk berkembang. Selain mendorong mereka untuk tetap terkonsentrasi, tiga negara juga akan mencegah anggota mereka di Timur Tengah kembali ke Filipina Selatan


"Pertama adalah kembalinya mereka dari Timur Tengah harus dicegah," kata Ryamizard.


Editor: Rony Sitanggang

  • Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu
  • Rohingya
  • Marawi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!