BERITA

Erupsi, Gunung Sinabung Lontarkan Abu Vulkanik Sejauh 4 Km

Erupsi, Gunung Sinabung Lontarkan Abu Vulkanik Sejauh 4 Km

KBR, Karo- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara lontarkan  abu vulkanik hingga sejauh 4.000 meter  pada Senin (25/09) pukul 15.59 WIB. Meski material vulkanik yang dilontarkan cukup tinggi, erupsi kali ini tidak disertai dengan guguran lava dan awan panas.

"Kalau erupsinya berupa abu vulkanik dengan tinggi kolom mencapai 4.000 meter yang mengarah ke timur tenggara," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra saat dikonfirmasi KBR, Senin (25/9) malam.

Lanjutnya, untuk saat ini ancaman yang paling berbahaya masih berupa awan panas dan guguran lava, karena Gunung Sinabung masih berada dalam level IV atau status awas.

"Selain erupsi, juga terjadi gempa dengan entensitas lambat dengan lama gempa 338 detik," tutur Armen Putra.

Saat ini puncak dari Sinabung kurang terpantau karena  tertutup kabut. Armen juga meminta kepada masyarakat agar tetap menjauhi zona merah dari Gunung Sinabung. Selalu waspada dan mengikuti arahan  karena sewaktu-waktu erupsi akan kembali terjadi.

"Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi-erupsi Gunung Sinabung," imbau Armen.

Tak hanya itu, penduduk yang bermukim di hilir sekitar daerah aliran sungai Laborus diharapkan tetap menjaga kewaspadaan. Pasalnya, bendungan ini sewaktu waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan banjir lahar dingin.

Editor: Rony Sitanggang

  • Erupsi Gunung Sinabung
  • sungai Laborus
  • Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung
  • Armen Putra

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!