BERITA

Peraih Medali Paralympic 2016 Itu Tetap Berpikir untuk Bunuh Diri

Peraih Medali Paralympic 2016 Itu Tetap Berpikir untuk Bunuh Diri

KBR - Atlet paralympic asal Belgia, Marieke Vervoort masih mempertimbangkan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara euthanasia.

Marieke baru saja meraih medali perak di ajang paralympic---lomba olimpiade untuk atlet penyandang disabilitas---di Rio de Janeiro, Brazil. Marieke meraih posisi dua dalam lomba balap kursi roda 400 meter.


Marieke sempat berkeinginan untuk euthanasia karena tidak kuat menahan rasa sakit fisik yang amat sangat. Surat euthanasia sudah ia tandatangani pada 2008 lalu. Belgia merupakan salah satu negara, selain Belanda dan Luxemburg, yang melegalkan euthanasia.


"Saya punya surat (izin) euthanasia. Tetapi saya masih sedikit menikmati setiap moment kecil yang ada. Ketika saat itu datang, ketika saya lebih banyak mengalami kabar buruk dibanding kabar baik, saya sudah punya izin (euthanasia). Tetapi waktunya belum datang," kata Marieke.


Bagaimanapun, Marieke memastikan Paralympics 2016 merupakan kompetisi terakhirnya.


Marieke kini berusia 37 tahun. Ia menderita penyakit degeneratif pada otot yang menyebabkannya harus terus mengalami kesakitan, lumpuh pada kakinya, dan jarang bisa tidur nyenyak. Selain itu penglihatannya juga cukup buruk.


Ia divonis menderita penyakit itu saat berusia 14 tahun. Sejak saat itu, kata Marieke, hidupnya menjadi "sebuah pertarungan hidup terus-menerus".


"Apalagi, kemampuan penglihatan saya kini hanya 20 persen dan saya kerap mengalami serangan epilepsi. Lalu apalagi?"


Meski begitu, saat menjadi atlet ia begitu menikmatinya. Pada Paralympics 2012 di London, Marieke meraih medali emas pada balap kursi roda 100 meter dan medali perak pada balap nomor 200 meter. Termasuk medali perak terakhir yang ia raih di Paralympics 2016.


"Rasanya seperti "Yes, aku bisa meraih medali perak!" katanya kepada BBC. "Tapi, tetap ada sisi lain dari medali, yaitu sisi penderitaan dan sisi kepedihan harus mengucapkan selamat tinggal pada olahraga. Saya mencintai olahraga. Olahraga adalah hidup saya."


Marieke mengatakan ia terus berusaha untuk menghargai hidupnya di luar arena balapan. Namun euthanasia tetap menjadi pilihan jika segalanya begitu menyakitkan.


"Saya ingin mencoba menikmati setiap momen dalam hidupku, dan coba memberikan energi lebih banyak pada keluarga dan teman-teman, yang selama ini masih kurang karena saya harus berlatih setiap hari," kata Marieke. (BBC/Daily Mail/AFP) 

  • Paralympics 2016
  • Rio de Janeiro
  • Brazil
  • Belgia
  • Euthanasia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!