BERITA

Bertemu BG, Ini Informasi BIN yang Disampaikan Sutiyoso

""Bagaimana seseorang mau melakukan sesuatu, kita mesti tahu dan masyarakat belum tahu kondisi BIN sebenarnya bagaimana""

Ninik Yuniati

Bertemu BG, Ini Informasi BIN yang Disampaikan Sutiyoso
Eks Kepala Badan Intelijen (BIN) Sutiyoso. (Foto: KBR/Quinawati)

KBR, Jakarta- Bekas Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso mengaku telah bertemu dengan Budi Gunawan. Sutiyoso menyebut telah memberikan informasi tentang kekurangan-kekurangan yang masih dimiliki BIN, terutama soal jumlah personil. Kekurangan ini menyebabkan BIN kesulitan mengoptimalkan tugasnya. 


"Masyarakat kita jangan terlalu berlebihan meminta BIN, misalnya BIN itu harus semua tahu, itutidak mungkin lah. Di Amerika saja nggak seperti itu, apalagi kita ini 250 juta lebih, bagaimana seseorang mau melakukan sesuatu, kita mesti tahu dan masyarakat belum tahu kondisi BIN sebenarnya bagaimana. Personilnya 50 persen saja tidak ada, dan itu semua sudah saya beri informasi kepada BG agar ke depan terus dilengkapi," kata Sutiyoso di kompleks Istana, Jumat (9/9/2016).


Sutiyoso berharap BG bakal mempersiapkan tambahan personil untuk momen Pilkada tahun depan.


"Personil untuk menghadapi Pilkada 2017 ini harus mendekati 50 persen. Lihat saja lembaga atau kementerian mana yang kekuatannya 50 persen?" ujarnya.


Dimintai komentar tentang masa depan BIN di tangan BG, Sutiyoso mengaku yakin lembaga tersebut bakal lebih profesional dan disegani negara-negara lain.


"BG ini kita tahu, dia salah satu polisi terbaik yang kita miliki. Jadi dengan kapasitas seperti itu saya yakin dia bisa membawa BIN ini ke depan tentunya lebih profesional, disegani oleh negara-negara lain," kata bekas Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini.


Terkait pencopotannya dari kepala BIN, Sutiyoso mengaku tidak ada masalah.


"Saya nyaris tidak ada masalah, karena bagi saya jabatan itu kan amanah yang sifatnya temporer artinya bisa dicabut kapan saja," tuturnya.


Sutiyoso menyebut belum ada tawaran posisi baru dari Jokowi. Kendati demikian, ia memastikan partainya PKPI tetap mendukung pemerintah


"Jabatan menteri dan setingkat menteri itu kan hak prerogatif beliau, mau dipasang atau tidak, terserahlah, tapi kita tetap support saja, tidak ada masalah," kata Bang Yos.

Petang ini rencananya Presiden Joko Widodo akan melantik  Budi Gunawan  menggantikan Sutiyoso sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN). BG sebelumnya lulus menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi Pertahanan DPR.

Baca: Koalisi Sipil Tolak BG

Editor: Rony Sitanggang

  • Kepala BIN Sutiyoso
  • Wakapolri Budi Gunawan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!