BERITA

KKP Klaim Uji Coba Konversi BBM ke Gas Untuk Nelayan Berhasil

KKP Klaim Uji Coba Konversi BBM ke Gas Untuk Nelayan Berhasil

KBR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim hasil uji coba konversi BBM ke gas untuk nelayan di tiga lokasi berhasil dengan baik. Tiga lokasi itu adalah Pekalongan, Lekok (Pasuruhan), dan Semarang.

Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja mengungkapkan, keberhasilan itu terlihat dari adanya penghematan pemakaian BBM di tiga wilayah itu sebesar 60 persen.


"Jadi kita harus menyiapkan antara manufakturnya, converter dengan nelayannya. Manufakturnya siap untuk produksi dengan baik, SNI-nya keluar, nelayannya juga habitnya harus diubah karena gas itu sensitif, padahal kalau melaut sukanya sambil merokok. Tapi kalau diuji coba beberapa titik sudah dirasa manfaat penghematannya sampai 60 persen ya pasti lanjut," kata Sjarief kepada KBR, Jum'at, (17/9).


Sjarief menyatakan, tak ada kendala dalam suplai gas untuk program ini, karena bisa diatasi. Sementara, untuk ketersediaan tabung konverter, nelayan bisa menggunakan tabung elpiji melon. Karena kelompok nelayan akan masuk sebagai kategori UKM.


Nantinya, setelah uji coba selesai, Kementerian ESDM yang akan menyiapkan converter, termasuk standar nasionalnya . Converter itu akan dibagi secara bertahap mulai tahun ini dan ditargetkan selesai dalam lima tahun ke depan.



Editor: Sindu D 

  • konversi BBM ke Gas
  • BBM Nelayan
  • nelayan
  • KKP
  • gas untuk nelayan
  • kelautan dan perikanan
  • maritim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!