BERITA

Antisipasi Karhutla, BNPB Tempatkan 4 Helikopter di Kalteng

Antisipasi Karhutla, BNPB Tempatkan 4 Helikopter di Kalteng



KBR, Pangkalan Bun- Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB menempatkan empat unit helikopter di Kalimantan Tengah untuk antisipasi kebakaran lahan dan hutan. Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan, dua unit ditempatkan di Palangkaraya dan dua unit ditempatkan di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Empat unit helikopter ini bakal digunakan untuk patroli dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).


"Areal yang harus dicover sangat luas, sehingga helikopter merupakan satu sarana yang paling efektif, paling cepat, untuk melakukan baik untuk patroli maupun water bombing," kata dia Kamis (11/08/2016).


Menurut Willem, ini dilakukan juga dalam rangka memback up daerah-daerah yang belum menganggarkan penanganan bencana alam. 

Tahun lalu bencana karhutla telah menghanguskan hampir 15 ribu hektar lahan di Kalteng. Sementara untuk antisipasi tahun ini, pemprov menganggarkan dana hingga Rp 1 miliar. Pemprov berdasar prediksi BMKG setempat juga telah menetapkan status siaga darurat karhutla dari Juli hingga Oktober mendatang. 

Editor: Dimas Rizky

  • antisipasi karhutla
  • helikopter pantau karhutla

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!