Tokoh dan Musiknya: Nani Nurani

Jumat, 22 Jul 2016 15:32 WIB

Usai manggung di ulang tahun Partai Komunis Indonesia tahun 1965 di Cianjur, Jawa Barat, nasib Nani berubah. Ia dituduh terlibat Gerakan 30 September 1965 dan disebut sebagai kader Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra).

Lantaran tuduhan itu, pada Desember 1968 dia ditangkap lalu dijebloskan ke penjara. Tanpa melewati proses persidangan, penyanyi kebanggan Presiden Indonesia pertama Soekarno itu mendekam di penjara selama 7 tahun. Nani tak benar-benar lepas dari bayang-bayang cap ‘anggota PKI’ meski telah mendapat pembebasan penuh pada Maret 1976.

Ada sebuah lagu yang selalu mengingatkannya pada masa-masa mendekam di penjara. Apa itu?  


Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Tanggal 23 Juli nanti kita akan merayakan Hari Anak Nasional. Peringatan ini diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa masih banyak persoalan yang dihadapi anak Indonesia.