BERITA

Bondowoso Juarai Kontes Cita Rasa Kopi di Festival Kopi Nusantara

Bondowoso Juarai Kontes Cita Rasa Kopi di Festival Kopi Nusantara


KBR, Bondowoso – Petani kopi asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menjuarai Kontes Uji Cita Rasa Kopi yang digelar dalam rangkaian Festival Kopi Nusantara, Minggu (24/7/2016).

Menjadi tuan rumah untuk kali pertama, kopi Bondowoso dengan Indikasi Geografis Java Ijen Raung, mengalahkan 10 kopi lain dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Toraja hingga Flores.


Petani kopi asal Sumber Wringin, Suyitno mengatakan, posisi pertama yang diraih kopi Bondowoso dalam kontes uji cita rasa ini semakin membuktikan bahwa kopi asal Bondowoso tak bisa dipandang sebelah mata dan sudah mampu bersaing dengan kopi – kopi di seluruh nusantara.


“Kami bersyukur tentu saja atas diraihnya juara satu oleh kopi Bondowoso. Ke depan ini menjadi cambuk untuk tetap menjaga kualitas kopi sehingga diakui menjadi salah satu kopi terbaik di dunia,” kata Suyitno.

Baca:

    <li><b><a href="http://kbr.id/06-2016/kadin_siap_bantu_ekspor_kopi_bondowoso/82338.html">Kadin Siap Bantu Ekspor Kopi Bondowoso</a></b></li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/06-2016/bondowoso_terima_bantuan_bibit_kopi_rp_1_2_milyar/82331.html">Bondowoso Terima Bantuan Bibit Kopi Rp 1,2 Milyar</a></b>  </li></ul>
    

    Posisi kedua dan ketiga dalam Kontes Uji Cita Rasa Kopi ini diraih oleh Kopi Aceh dan Kopi dari Bandung Jawa Barat. Kopi yang dihasilkan petani dari lereng Ijen dan Raung, menurut dewan juri mengungguli kopi lain dari segi fragrant, aroma, flavors, aftertaste, acidity (keasaman) untuk kopi arabika, body, balance dan sweetness.

    Sementara itu, Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengaku bangga karena kopi Bondowoso berhasil meraih posisi pertama dalam kontes Uji Cita Rasa Kopi yang pesertanya mencapai 100 sampel lebih dari 84 petani di seluruh Indonesia.


    Tak hanya itu, Bupati juga berjanji akan ada hadiah spesial untuk petani kopi Bondowoso yang berhasil menjuarai kontes ini.


    “Festival Kopi Nusantara menjadi pembuktian dahsyatnya kopi Bondowoso, ini juga menegaskan eksistensi kita sebagai Republik Kopi,” kata Amin Said Husni kepada KBR, Minggu malam.


    Meski begitu, Amin tak bosan mengingatkan para petani untuk tetap menjaga dan mempertahankan kualitas dan mutu kopi Bondowoso. Kemenangan ini, diharapkan mampu menjadi motivasi untuk meraih kemenangan lain di kancah perkopian nasional bahkan Internasional.

    Editor: Sasmito

  • kopi bondowoso
  • Festival Kopi Nusantara
  • ekspor kopi

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • aryadi8 years ago

    Semoga makin berjaya kopi indonesia

  • Yanto Bukit8 years ago

    Sebagimana halnya kopi yg juar1 disebut Kopi Bondowoso dan bukan kopi jatim, mestinya kopi yg juara 2 juga disebut Kopi Gayo dan bukan kopi aceh. Sebab inisialgeografisnya adalah Gayo