HEADLINE

Bocah 10 Tahun Berbobot 190 Kg, Dalam 2 Pekan Ditargetkan Turun 50 Kg

Bocah 10 Tahun Berbobot 190 Kg, Dalam 2 Pekan Ditargetkan Turun 50 Kg

KBR, Bandung-  Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menargetkan Arya turun 50 kilogram. Pasien obesitas berusia 10 tahun warga Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, bernama Arya Permana,   selama perawatan ketat dua pekan mendatang, harus bisa segera menurunkan berat badan dari 190 kilogram ke 50 kilogram.

Menurut Kepala Tim Dokter Pasien Obesitas, Rumah Sakit Hasan

 Sadikin Bandung, Juslistyo TB Djais, jika tidak segera diturunkan secara drastis dengan program diet ketat dan latihan olahraga, maka pasien Arya akan terjangkit berbagai penyakit.


"Kalau komplikasi kegemukan yang kita sebut sebagai metabolic syndrom yang memicu hipertensi, diabetes lalu stroke. Kalau sudah stroke kan kemana-mana, gangguan ginjal, penyakit jantung dan lain-lain. Itu bisa fatal ditambah kualitas hidupnya karena kita menginginkan orang dengan kualitas hidup yang baik," ujar uslistyo  di Bandung, Rabu (13/7).


Kepala Tim Dokter Pasien Obesitas, Rumah Sakit Hasan  Sadikin Bandung, Juslistyo TB Djais  mengatakan, kondisi pasien obesitas yang kini telah berangsur turun berat badannya,  diluar batas  normal. Namun yang lebih berbahaya dari kondisi ini, kata Djais, adalah tidak adanya rasa khawatir dari pihak keluarganya.


Dia menjelaskan dalam masa perawatan di rumah sakit dua pekan ini, juga melakukan edukasi kepada keluarga pasien tentang kondisi kesehatan Arya dan tata cara pemberian pola makan serta latihan fisik ringan.


Rumah sakit Hasan Sadikin Bandung menyatakan, untuk pekan pertama perawatan pasien obesitas asal Karawang ini difokuskan kepada penurunnan berat badan disertai dengan diet ketat.


Editor: Rony Sitanggang

  • obesitas anak
  • Arya Permana
  • kepala tim dokter penanganan pasien obesitas
  • Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung
  • Juslistyo TB Djais
  • Kepala Tim Dokter Pasien Obesitas
  • Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung
  • Juslistyo TB Djais

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!