BERITA

Abu Vulkanik Gunung Raung Tutupi 24 Kecamatan di Banyuwangi

Abu Vulkanik Gunung Raung Tutupi 24 Kecamatan di Banyuwangi

KBR, Banyuwangi - Hujan abu vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur terus meluas penyebaranya di Kabupaten Banyuwangi.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, sebaran abu Vulkanik Gunung Raung sudah merata di 24 kecamatan.

Juru bicara BPBD Banyuwangi Eka Muharram mengatakan berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, setelah sejak hari Jumat (10/7/2015) lalu hujan abu mengguyur tiga Kecamatan, kini abu Gunung Raung berpotensi menuju ke wilayah selatan.

Penyebaran sangat mungkin terjadi ke selatan, karena saat ini angin yang membawa abu vulkanik menuju kearah tenggara dan lebih condong ke arah selatan. Sehingga diperkirkan hari ini hujan abu akan mengguyur wilayah Banyuwangi selatan, seperti Kecamatan Pesanggaran, Tegaldelimo dan kecamatan Bangorejo.

“Sampai sekarang ini hampir seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi sudah terpapar abu vulkanik. Hari ini ada tambahan daerah baru yang terkena abu, seperti Kecamatan Pesanggaran di arah selatan Gunung Raung. Hampir seluruh wilayah di Kabupaten Banuwangi sudah terpapar. Walaupun, belum bisa dikategorikan parah--karena kehidupan masih berlajan normal,” kata Eka Muharram (12/7/2015).

Juru bicara BPBD Banyuwangi Eka Muharram menambahkan, BPBD Banyuwangi saat ini telah membagikan tambahan 100 ribu masker ke seluruh wilayah Banyuwangi. Ratusan ribu masker itu telah dikirim ke seluruh kecamatan di wilayah Banyuwangi.

Masyarakat yang membutuhkan masker bisa langsung mendatangi kantor kecamatan terdekat. Selain mendatangi kecamatan, masyarakat juga bisa minta masker di seluruh puskesmas di Banyuwangi. Masker tersebut dibagikan secara geratis.

Eka mengimbau masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah karena hujan abu dapat mengganggu pernapasan.

Status Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur, meningkat dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III).

Gunung Raung dinaikkan menjadi Siaga mulai tanggal 29 Juni 2015 pukul 9.00 WIB karena aktivitas kegempaannya mengalami peningkatan.

Dengan meningkatnya status Gunung Raung Ini PVMBG merekomendasikan tidak ada aktifitas manusia di radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Editor: Agus Luqman

  • Gunung Raung
  • hujan abu Gunung Raung
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
  • BPBD Banyuwangi
  • Status Gunung Raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!