BERITA

Ini Strategi Pemerintah Urai Kepadatan Arus Balik

Ini Strategi Pemerintah Urai Kepadatan Arus Balik

KBR, Batang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah strategi guna mengurai titik kemacetan arus balik di jalur tol fungsional serta di tol Cikopo-Palimanan. Strategi itu di antaranya mengalihkan pemudik ke jalur nasional, di mana terdapat banyak rest area.

Hal itu disampaikan Menteri Budi saat memantau langsung arus balik di jembatan tol Kalikuto, Batang, Senin (18/6/2018)

"Jalur arus mudik yang telah dipantau dari Batang hingga Brebes jika padat dan akan terjadi kemacetan, para pemudik dialihkan menggunakan jalur nasional di mana disana banyak tempat kuliner sebagai rest area," ujar Budi Karya saat ditemui KBR disela-sela pantauan tol, Senin (18/6/2018).

Sementara Kepala Biro Pengkajian dan Strategi Mabes Polri, Adnas menjelaskan kepolisian bakal memberlakukan contra flow jika terjadi kemacetan di jalur tol fungsional.

"Penglihan arus, pengurangan arus kemudian termasuk juga apakah contra flow itu bisa dimaksimalkan akan kami maksimalkan serta kami imbau untuk masyarakat bisa dialihkan ke jalur nasional," kata Adnas.

Baca juga:

    <li><a href="http://kbr.id/berita/nusantara/06-2018/arus_balik_dari_banyuwangi_meningkat/96384.html"><b>Arus Balik dari Banyuwangi, Meningkat</b></a></li>
    
    <li><span style="color: rgb(31, 73, 125);"><span color="#1f497d"><a href="http://kbr.id/berita/06-2018/berikut_sejumlah_skema_kemenhub_antisipasi_kepadatan_kendaraan_saat_arus_balik/96378.html"><b>Berikut Sejumlah Skema Kemenhub Antisipasi Kepadatan Kendaraan Saat Arus Balik&nbsp;</b></a>&nbsp;</span><br>
    
    <li><b><span style="color: rgb(79, 129, 189);"><a href="http://kbr.id/berita/06-2018/19_20_juni_puncak_arus_balik__kapolri_imbau_pemudik_tak_paksakan_pulang_/96375.html">19-20 Juni Puncak Arus Balik, Kapolri Imbau Pemudik Tak Paksakan Pulang<span id="pastemarkerend">&nbsp;</span></a></span></b></li></ul>
    

    Menhub Budi Karya memprediksi akan ada dua puncak arus balik lebaran 2018, yakni pada 19-20 Juni 2018 dan 23-24 Juni 2018. Ini lantaran masih banyak pemudik yang kembali bekerja setelah tradisi lebaran ketupat.

    Pada arus balik tahun ini, Kementerian Perhubungan dan Polri memetakan tiga titik rawan, yakni di Jembatan Kali Kutho, Tol Cipali, dan Rest Area.



    Editor: Nurika Manan

  • Arus balik 2018
  • puncak arus balik 2018
  • Lebaran 2018
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!