Ini Langkah Pemkab Banyuwangi Antisipasi Lonjakan Harga Daging Jelang Lebaran

Dinas Pertanian tak hanya fokus pada daging sapi, melainkan juga memeriksa kualitas daging ayam jelang lebaran 2018.

Senin, 04 Jun 2018 11:30 WIB

Ilustrasi. (Foto: ANTARA)

KBR, Banyuwangi - Permintaan daging jelang lebaran di pelbagai daerah cenderung naik. Namun tak lantas dengan banyaknya permintaan konsumen itu kualitas daging bisa diabaikan.

Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menggelar inspeksi mendadak (Sidak) daging di sejumlah pasar tradisional di daerah tersebut. Sidak jelang Hari Raya Idul Fitri 2018 itu bertujuan mengantisipasi peredaran daging tak sehat di pasaran. Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi Arif Setiawan menjelaskan, daging tak sehat itu terdiri atas daging glonggongan--yang diproses tak sesuai prosedur--dan daging sapi campuran.

Bukan hanya daging sapi, tim Sidak juga memeriksa kualitas daging ayam yang dijual di sejumlah pasar. Berdasar hasil Sidak hari ini, menurutnya petugas menemukan ada daging ayam yang tak layak konsumsi. Daging itu diduga merupakan daging ayam tiren.

Petugas pun menyita daging tersebut dan membawanya untuk diuji di laboratorium. Sementara terhadap pedagangnya, petugas langsung melakukan pembinaan dan pengarahan.

"Hampir semuanya daging yang kami lihat tadi segar. Tapi secara khusus tadi yang berkaitan dengan daging ayam, masih mencurigakan tapi kami sudah lihat tadi untuk sempel yang untuk laboratorium, kami periksakan dan kami laboratoriumkan," jelas Arif Setiawan di Pasar Induk Banyuwangi, Senin (4/6/2018).

"Nanti baru satu minggu akan keluar hasilnya. Cukup ketersedian sapi di Banyuwangi cukup," tambah Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi tersebut.

Arif Setiawan mengklaim, stok daging sapi di Kabupaten Banyuwangi jelang lebaran tahun ini sangat mencukupi. Kata dia, ketersedian sapi siap potong per harinya mencapai lebih dari 100 ekor. Sedangkan kebutuhan daging sapi setiap harinya berkisar antara 35 hingga 40 ekor.

Sementara itu kata dia, harga daging sapi di pasaran pun masih cukup stabil. Untuk harga daging sapi super berkisar Rp110.000 per kilogram. Sedangkan daging sapi biasa antara Rp100.000 hingga Rp105.000 per kilogram. Diperkirakan harga daging sapi akan naik pada H-7 Lebaran.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang