BERITA

Tingkatkan Produksi, Luas Lahan Kopi di Bondowoso Bertambah

"Dishutbun menargetkan setiap hektar lahan minimal menghasilkan setengah ton kopi."

Tingkatkan Produksi, Luas Lahan Kopi di Bondowoso Bertambah
Seorang pekerja sedang membilas biji kopi yang sudah melewati proses sortasi di Unit Pengolahan Hasil (UPH) Desa Sukorejo, Sumber Wringin, Bondowoso. Foto : KBR/Friska Kalia

KBR, Bondowoso–  Luas areal lahan kopi di Bondowoso, Jawa Timur meningkat hingga melebihi angka 13 ribu hektar. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Muhammad Erfan mengatakan, hal ini diketahui setelah Perum Perhutani KPH Bondowoso mendata ulang luas areal lahan kopi yang berada di kawasan hutan.

“Sekarang sudah mencapai 13 ribuan. Bahkan menurut Adm Perhutani sudah menuju angka 17 ribu hektar. Perluasan arealnya memang luar biasa,” ungkap Muhammad Erfan, Senin (20/6/2016).

Sebelumnya tercatat luas lahan kopi di Bondowoso mencapai 12. 500 hektar  terdiri dari 7.000 hektar kopi arabika dan 5.500 hektar lahan kopirobusta.

Menurut Erfan, meningkatnya luas lahan kopi ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah produksi kopi Bondowoso. Seperti diketahui, saat ini produksi kopi Bondowoso dalam setahun baru mencapai 2.000 ton. Angka ini belum mampu mencukupi tingginya permintaan pasar dari dalam dan luar negeri.

“Memang dari luas 13 ribu itu belum berbuah semua, dan jumlah produksi memang bukan target utama. Kita tetap mengutamakan kualitas, tapi disisi lain kita upayakan lahan juga meningkat,” imbuhnya.

Dikatakan Erfan, dalam beberapa tahun kedepan, Dishutbun menargetkan setiap hektar lahan minimal menghasilkan setengah ton kopi. "Jika dikalikan luas areal hingga 13 ribu, maka akan ada 6.000 ton kopi yang diproduksi setiap tahun di Bondowoso,"ujarnya.

Bondowoso memang terkenal sebagai salah satu Kabupaten penghasil kopi berkualitas di Indonesia. Apalagi pasca dideklarasikannya Bondowoso Republik Kopi, Dishutbun mengaku kedatangan banyak buyer baik eksportir hingga pengusaha.

Sejauh ini Bondowoso sudah memastikan akan mengekspor 1.000 ton lebih kopi arabika ke berbagai negara di Amerika dan Eropa. Sementara 1.000 ton sisanya akan dialokasikan untuk kebutuhan pasar lokal dan regional.

Cita rasa dan kualitas kopi Bondowoso yang tinggi membuat kopi asal lereng Ijen Raung ini sudah di ekspor ke berbagai negara di Amerika dan Eropa. 

Editor: Malika

  • kopi bondowoso
  • Ekspor Kopi Bondowoso
  • luas lahan kopi bondowoso

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!