BERITA

Mudik 2016, Kemenhub Periksa Setiap Angkutan Umum

Mudik 2016, Kemenhub Periksa Setiap Angkutan Umum

KBR, Jakarta- Kementerian Perhubungan bakal memeriksa kelayakan angkutan umum untuk menghadapi arus mudik dan arus balik 2016. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengatakan pengecekan kelayakan angkutan ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan bertransportasi saat arus mudik dan balik.

"Perbedaan lain kami adakan ramp check untuk sarana bis akap saja 1200-1400, lokomotif, kereta penumpang, pesawat udara, dan kapal laut semua diperiksa akhir pekan lalu sampai 24 Juni nanti," ujarnya kepada wartawan usai melakukan rapat Paripurna Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (07/06).

Kata dia, pengecekan kelayanan angkutan umum tersebut tidak dilakukan secara sampling, melainkan satu persatu. Dengan begitu kata dia, tidak ada lagi angutan yang tidak layak dioperasikan dalam arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

"Semua diperiksa mulai pekan lalu sampai 24 Juni 2016. Tidak diambil sample tapi satu per satu. Yang membahayakan dan tidak laik jalan ya tidak boleh jalan," ujarnya.

Kata dia, pengecekan kelayakan semua unit angkutan umum itu dilakukan sebelum waktu mudik tiba agar ada waktu bagi pemilik bus untuk memperbaiki standar keselamatan transportasi. Dia menambahkan, operasi angkutan Lebaran Kementerian Umum untuk angkutan darat dan udara berlangsung selama 22 hari yakni dari H1 minus 12 sampai H2 plus 10. Dia juga mengatakan ada penambahan semua jenis armada arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

"Armada naik, naik 3-4 persen tergantung jalurnya. Udara bertambah jumlah pesawat 59, dari 510 jadi 569. Kereta api lokomotif tambah 37, 8 persen dari tahun lalu, kereta penumpang sekitar 100, bertambah 8 persen. Kapal laut tambah 11 kapal, kapal laut penumpang 1100, kapal penyebrangan 200-an, total swasta dan pemerintah. Total bus tambah 1600 bus, jadi 48000," ujarnya.

Selain itu kata dia, kemenhub  juga membuka posko pemantau arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini yang dipusatkan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta. Selain itu kata dia,  posko juga dibuka di semua pangkalan angkutan moda transportasi. Di antaranya kata dia, di 48 terminal bus dan 35 Bandara diseluruh Indonesia.

"Posko seperti biasa ada pengedalian terpusat di kemenhub. 48 terminal bus di 14 provinsi, 7 penyeberangan di 14 provinsi, 35 bandara dan semua stasiun kereta api Sumatera dan Jawa. Serta ada  7 titik lalu lintas jalan dipantau," ujarnya.


Editor: Rony Sitanggang

  • angkutan mudik 2016
  • Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
  • ramp check
  • arus mudik lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!