BERITA

Kembangkan Pasar, Pemkab Bondowoso Gelar Festival Kopi Nusantara

Kembangkan Pasar, Pemkab Bondowoso Gelar Festival Kopi Nusantara

KBR, Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur segera menggelar Festival Kopi Nusantara pada 29 – 30 Juli mendatang. Festival ini dilakukan bersama Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bondowoso, Muhammad Erfan mengatakan, banyak kegiatan seperti lomba meracik kopi yang akan digelar dalam festival kali ini. “Nanti akan ada lomba meracik kopi, kemudian kita juga sudah undang daerah–daerah penghasil kopi di Indonesia untuk ikut dalam pameran yang akan digelar dalam festival ini,” kata Muhammad Erfan kepada KBR, Senin (6/6/2016).

Sedikitnya ada 8 daerah penghasil kopi yang turut andil dalam Festival Kopi Nusantara di Bondowoso, yakni kopi Gayo dari Aceh, Mandailing dari Sumatera, Pengalengan Jawa Barat, Java Ijen Raung Bondowoso, Kintamani Bali, Temanggung Jawa Tengah, Flores/Bajawa NTT dan kopi Toraja Sulawesi Selatan.

Selain itu, festival ini juga akan dihadari banyak calon buyer dan eksportir, baik dari dalam dan luar negeri. Erfan berharap, festival ini bisa dimanfatkan dengan baik oleh petani untuk membuka jaringan dan menjalin kerjasama dengan pembeli. Tak hanya itu, pencinta kopi dari pelbagai daerah juga disasar festival "Republik Kopi" ini.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  

  • Bondowoso
  • kopi bondowoso
  • petani kopi

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • nine cifee8 years ago

    Itu tanggalnya salah yg benar tgl 23-24 juli 2016